Kompas TV nasional politik

Kesepakatan Pertama Koalisi Indonesia Bersatu adalah Dukung Penuh Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

Kamis, 19 Mei 2022 | 06:05 WIB
kesepakatan-pertama-koalisi-indonesia-bersatu-adalah-dukung-penuh-pemerintahan-jokowi-ma-ruf-amin
Politisi Partai Golkar Maman Abdurrahman menyebut kesepakatan pertama dalam koalisi Indonesia Bersatu adalah berkomitmen mendukung penuh pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kesepakatan pertama dalam koalisi Indonesia Bersatu adalah berkomitmen mendukung penuh pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Adapun koalisi Indonesia Bersatu berisikan Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang terbentuk setelah masing-masing ketua umum bertemu baru-baru ini.

Penjelasan itu disampaikan oleh politisi Partai Golkar, Maman Abdurrahman, pada program Satu Meja The Forum Kompas TV, Rabu malam (18/5/2022).

“Kita kesepakatan pertama, minimal komunikasi politik yang dibangun tiga partai ini berkomitmen, bahwa masa pemerintahan Pak Jokowi-Ma’ruf Amin ini harus kita support secara penuh,” tuturnya.

Baca Juga: PKS NIlai Koalisi Indonesia Bersatu Bagus untuk Demokrasi di Indonesia

“Itu komitmen pertama, karena kita paham, di ujung-ujung ini banyak sekali dinamika politik yang akan terjadi ke depan. Jadi minimal pertama tiga partai ini sudah membarrier bahwa pemerintahan ini harus kita amankan sampai 2 Oktober (2024),” lanjut Maman.

Mengenai di satu sisi koalisi ini mempunyai kepentingan untuk mempersiapkan kontestasi di Pemilu 2024, menurutnya itu adalah bagian yang berbeda.

Dia menambahkan, harus ada sebuah evaluasi proses berpolitik di Indonesia. Salah satunya adalah selama ini cenderung membangun koalisi H-1 atau H-2 menjelang pendaftaran.

“Kita mengevaluasi itu, kita mencoba melemparkan sebuah ide besar, yuk kita mulai guyub, bangun komunikasi, koalisi, bicara capres-cawapres, nanti dululah.”

Menurut Maman, kebetulan memang karena PPP, Golkar dan PAN, juga sudah memutuskan bergabung dengan pemerintah.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Penyebar Video Mesum Mengaku Iseng

Selasa, 16 Agustus 2022 | 01:17 WIB
Close Ads x