Kompas TV nasional peristiwa

Kisah Inspiratif Rifdah Farnidah, Perempuan Indonesia Juara Hafalan Al-Qur an 30 Juz Tingkat Dunia

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 18:25 WIB
kisah-inspiratif-rifdah-farnidah-perempuan-indonesia-juara-hafalan-al-qur-an-30-juz-tingkat-dunia
Rifdah Farnidah (tengah), perempuan Indonesia juara Hafalan Al-Qur'an tingkat dunia. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rifdah Farnidah terharu. Ia tidak menyangka jadi perempuan Indonesia yang memenangkan juara Hafalan Al-Qur’an 30 Juz tingkat dunia. Ia berhasil mengalahkan para kontestan dari pelbagai negara, dari Arab Saudi hingga Turki.

Rifdah Farnidah sendiri berprofesi sebagai dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta. Ia meraih juara 1 MHQ (Musabaqah Hifzh Al-Qur'an) kategori 30 juz pada 107's Family Quranic Competition di Nigeria yang berlangsung pada 8-26 April 2022.

"Alhamdulillah, saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia,” tuturnya di Jakarta seperti dikutip dari situs resmi Kemenag pada Kamis (19/5/2022).

Ia juga berterima kasih kepada para kiai dan guru yang membimbingnya hingga jadi perempuan Indonesia yang menang hafalan Al-Qur’an 30 juz ini.

“Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari do'a dan bimbingan dari guru-guru saya di pondok pesantren al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta," tambahnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdhani memberikan apresiasi dan rasa bangga yang mendalam atas prestasi Rifdah Farnidah. 

"Ditjen Pendidikan Islam tentu turut bangga dan berterima kasih atas  capaian ini. Musabaqah Hifzh Al-Qur’an 30 juz tingkat dunia diraih oleh Indonesia melalui perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Agama," paparnya. 

Baca Juga: Kisah Inspiratif Seorang Polwan 'Nyambi' jadi Guru

"Meski secara teritori, Indonesia jauh dari pusat kelahiran Islam di Timur Tengah, tetapi secara faktual, Indonesia mampu menjadi peraih yang terbaik di ajang internasional. Indonesia tentu sangat bangga," imbuhnya. 

Dekan Fakultas Ushuluddin IIQ Muh. Ulinnuha juga bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas capaian Rifdah.

"IIQ tetap konsisten mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa dan negara," tegasnya.

Dia berharap, ke depan akan terus lahir dari rahim IIQ Jakarta, duta-duta Al-Qur’an yang menjuarai dan mengharumkan Indonesia di kancah Internasional.

Dalam kompetisi itu, Rifdah berhasil mengalahkan 87 peserta dari berbagai negara, antara lain Ghana, Liberia, USA, India, Arab Saudi, dan Turki.

Sebelumnya, ia juga meraih juara 2 MHQ Internasional di Yordania pada 2018.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.