Kompas TV TALKSHOW ayo sehat

Flu Singapura pada Anak, Harus Apa? | AYO SEHAT

Kompas.tv - 21 Mei 2022, 20:11 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Waspada Flu Singapura. Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak dan menjadi salah satu penyakit yang sangat menular. Beberapa waktu lalu, flu Singapura sempat ramai diperbincangan masyarakat di berbagai platform media sosial, termasuk twitter.

Beberapa netizen menceritakan bahwa ada anak-anak dan keponakan mereka yang didiagnosis mengidap penyakit flu Singapura ini.
Dalam dunia medis, flu Singapura dikenal dengan Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit tangan kaki mulut. HFMD adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus Entervirus. Melansir dari laman resmi Kemenkes, flu Singapura sudah ada sejak tahun 1957 dan menginfeksi anak pertama kali di Toronto, Kanada.
Dinamakan flu Singapura karena gejalanya mirip dengan flu yang sempat melanda Singapura secara masif dan menyebabkan kematian di berbagai daerah. 
Secara umum, anak-anak yang terinfeksi flu Singapura atau HFMD memiliki bintik merah di rongga mulut hingga mengakibatkan sariawan, kemudian muncul demam dan ruam-ruam pada kulit terutama di bagian kaki dan tangan.

Follow us on Instagram: @ayosehat_kompastv

Temukan informasi Kesehatan menarik lainnya hanya di Ayo Sehat, setiap Jumat pukul 10.30 WIB hanya di Kompas TV
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x