Kompas TV nasional peristiwa

Mulai 28 Mei 2022 KRL Bogor Hanya ke Jakarta Kota, Tujuan Sudirman Transit di Stasiun Manggarai

Kompas.tv - 22 Mei 2022, 14:16 WIB
mulai-28-mei-2022-krl-bogor-hanya-ke-jakarta-kota-tujuan-sudirman-transit-di-stasiun-manggarai
Penumpang KRL Commuter Line rute Bogor-Jakarta Kota yang transit di Stasiun Manggarai untuk menuju Stasiun Sudirman hingga Stasiun Tanah Abang. (Sumber: Kompas TV/Nurul Fitriana)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV — Mulai 28 Mei 2022, perjalanan KRL Commuter Line dari arah Bogor hanya akan melayani rute langsung menuju Jakarta Kota.

Adapun penumpang dari arah Bogor yang ingin menuju ke Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, ataupun Stasiun Kampung Bandan, harus transit dan berganti kereta di Stasiun Manggarai.

Sebelumnya, ada dua jurusan langsung yang disediakan yaitu Bogor-Jakarta Kota dan Bogor-Jatinegara yang salah satunya melintasi Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang.

Namun, rute tersebut akan diubah mulai 28 Mei 2022.

Perubahan tersebut sebagaimana diinformasikan Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba bersamaan dengan aturan soal perpindahan peron.

“Nantinya pengguna KRL tidak harus menyeberang jalur rel lagi dan bisa mengurangi aktivitas di passengers crossing yang berpotensi membahayakan nyawa penumpang saat menyeberang jalur rel,” kata Anne dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (22/5/2022).

Lebih lengkap, berikut perubahan pola operasi KRL Bogor menuju Jakarta Kota:

Bogor - Cilebut - Bojong Gede - Citayam - Depok - Depok Baru - Pondok Cina - Univ. Indonesia - Univ. Pancasila - Lenteng Agung - Tanjung Barat - Pasar Minggu - Pasar Minggu Baru - Duren Kalibata - Cawang - Tebet - Manggarai - Cikini - Gondangdia - Juanda - Sawah Besar - Mangga Besar - Jayakarta - Jakarta Kota.

Baca Juga: Ada Switch Over di Stasiun Manggarai, Begini Perubahan Rute dan Pola Operasi KRL Commuterline

Adapun penumpang Bogor yang akan menuju Tanah Abang dapat transit di Stasiun Manggarai dengan melewati dua stasiun, yakni Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

Diketahui, perubahan rute KRL arah Bogor ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan sebagai bagian dari proses switch over (SO) ke-5 dalam rangka penyelesaian pembangunan Stasiun Manggarai.

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus, proses SO ke-5 akan dilakukan mulai 27 Mei atau Jumat malam pekan depan hingga 28 Mei atau Sabtu dini hari.

“Kami memanfaatkan window time atau waktu jeda antara jam operasional kereta yang dimulai setelah kereta terakhir selesai beroperasi dan sebelum kereta pertama memulai perjalanan di esok harinya untuk pengerjaan SO 5 ini,” kata Rode dalam keterangannya.

SO 5 dilakukan dengan mengaktifkan jalur sementara atau temporary track di Jalur 1 dan Jalur 2.

Untuk Jalur 3 akan ditutup, sistem persinyalan akan diganti, dan jaringan listrik aliran atas (JLAA) akan diganti untuk menyesuaikan perubahan jalur.

Setidaknya ada delapan titik pengerjaan yang dilakukan secara bersamaan saat SO 5 dilakukan. Pihak balai juga akan menyambungkan Jalur 1 dan Jalur 2 yang menjadi temporary track dengan existing track.

Dengan adanya SO 5, maka akan ada penyesuaian jalur di Stasiun Manggarai, di mana Jalur 1 dan Jalur 2 hanya akan digunakan untuk Kereta Api Jarak Jauh, sementara Jalur 3 dinonaktifkan.

Adapun KRL Commuterline lintas Bekasi/Cikarang akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7. Lintas Bogor Line dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13.

Baca Juga: Penumpang KRL Yogyakarta-Solo Dikenai Sejumlah Aturan Seiring Penambahan Kapasitas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x