Kompas TV olahraga kompas sport

Statistik Man City di Liga Inggris 2022 Amat Tangguh, Cek di Sini

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 05:11 WIB
statistik-man-city-di-liga-inggris-2022-amat-tangguh-cek-di-sini
Manchester City resmi menjadi juara Premier League 2021/22 usai menundukkan Aston Villa 3-2 pada Minggu (22/5/2022) (Sumber: Twitter Man City)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Manchester City meraih gelar kelima dalam enam musim terakhir Liga Inggris usai menampilkan comeback epik 3-2 lawan Aston Villa pada Minggu (22/5/2022) di Stadion Etihad.

Anak asuh Pep Guardiola musim ini finis di urutan pertama klasemen Premier League dengan 93 poin. Cacatan itu lebih banyak 1 poin dari Liverpool yang harus rela berstatus runner-up. Bagaimana statistik Man City di Liga Inggris sepanjang musim ini? Berikut ulasannya:

Rerata Poin Per Laga

Setelah mengakhiri musim dengan 93 poin dari 38 laga, The Citizens mendulang rerata 2,45 poin per game. Catatan ini bukan yang terbaik. Sebelumnya skuad Pep Guardiola pernah finis dengan 100 poin pada musim 2017/18.

Rasio Kemenangan

The Citizens mengarungi Liga Inggris 2021/22 dengan 29 kemenangan, 6 seri dan 3 kali tumbang. Jika dipersentase, rasio kemenangan Man City di angka 76 persen, tertinggi di antara tim lain di Liga Inggris musim ini.

Rasio Ball Possesion

Penguasaan bola telah jadi ciri khas Man City sejak klub itu dipegang Pep Guardiola. Musim ini, The Ciizens mencatatkan rerata 64,8 persen ball possesions. Data tersebut adalah yang tertinggi di Liga Inggris musim ini, berjarak 5 persen lebih banyak dari Liverpool di tempat kedua.

Top Skor

Kendati tak satupun pemanin Manchester City memetik gelar sepatu emas, pencetak gol di tim ini terbilang merata. Jenderal lapangan tengah, Kevin de Brunye, menyumbang 15 gol dan jadi top skor klub. Berikutnya ada nama Raheem Sterling (13 gol) dan Riyad Mahrez (11 gol).

Jika dibikin daftar 50 pencetak gol terbanyak di Liga Inggris musim ini, sebanyak 8 pemain Man City bakal masuk dengan sumbangan per individu lebih dari 6 gol. Itu adalah yang terbanyak di antara klub lain musim ini, menandakan kolektifitas tinggi dalam sebuah klub.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x