Kompas TV olahraga kompas sport

Resmi, Bendera SEA Games Diserahkan kepada Kamboja

Selasa, 24 Mei 2022 | 00:45 WIB
resmi-bendera-sea-games-diserahkan-kepada-kamboja
Tarian Apsara khas Kamboja tampil pada penutupan SEA Games 2021 di Vietnam, Senin (23/5/2022). (Sumber: ANTARA/Arindra Meodia.)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - SEA Games ke-31 Vietnam resmi berakhir setelah Ketua Komite Olimpiade Vietnam Nguyen Van Hung menyerahkan bendera SEA Games Federation kepada Ketua Komite Olimpiade Kamboja Khon Thong.

Dalam upacara penutupan SEA Games ke-31 itu bendera resmi diserahkan kepada Kamboja yang akan menjadi tuan rumah pada 2023 mendatang.

"SEA Games merupakan jembatan pertemanan untuk mengatasi tantangan bersama, di mana tuan rumah dapat mempromosikan negaranya, yang akan digelar di negara indah dan kaya budaya, Kamboja," ujar pembawa acara dikutip dari Antara, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Sukses di SEA Games 2021, Timnas Basket Indonesia Targetkan Masuk 8 Besar di FIBA Asia Cup 2022

Vietnam menyampaikan salam pisah terhangat kepada semua peserta dalam upacara penutupan SEA Games di Hanoi, Vietnam yang berlangsung selama 90 menit.

Jika pada upacara pembukaan menampilkan pertunjukan massal dan efek visual yang spektakuler, penutupan akan menjadi acara yang lebih nyaman dan bersahabat dengan moto “datang bersama untuk bersinar”.

Acara penutupan itu ditutup dengan tarian Apsara yang merupakan simbol budaya Kamboja, penampilan para penari sekaligus memperkenalkan Kamboja sebagai tuan rumah SEA Games ke-32 yang akan berlangsung di negara tersebut pada 2023 dengan maskot kelinci.

Baca Juga: Sukses di SEA Games 2021, Stevani Ibo Bidik Prestasi di Sejumlah Ajang Besar

Sementara itu, seperti dilaporkan Antara, kontingen Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 Vietnam yang berlangsung 12-23 Mei di peringkat ketiga.

Indonesia merebut 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Raihan medali tim Merah Putih itu jauh di bawah sang tuan rumah.

Vietnam mengumpulkan 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Posisi kedua dihuni Thailand dengan 92 emas, 103 perak dan 136 perunggu.

Meski demikian, pencapaian kontingen Indonesia tetap lebih baik jika dibandingkan hasil SEA Games 2019 Filipina di mana tim Merah Putih finis di peringkat keempat.

Begitu juga dengan hasil dua penyelenggaraan SEA Games sebelumnya di mana Indonesia hanya finis di posisi kelima. Indonesia terakhir kali menjadi juara pada SEA Games 2011.
 


Sumber : Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x