Kompas TV regional berita daerah

Pengakuan Peternak di Kota Malang, Sapi Terinfeksi PMK Diburu Tukang Jagal

Kompas.tv - 26 Mei 2022, 16:55 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Salah satu peternakan sapi khusus penggemukan yang terindikasi terserang penyakit mulut dan kuku adalah peternakan di Kampung Tempe Sanan, Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing. 

Menurut peternak, setiap harinya kampung mereka kerap didatangi oleh tukang jagal, yang mencari sapi yang terjangkit PMK.

Abdul Mukti, salah satu peternak menyampaikan, bahwa harga jual sapi yang mulai sakit  jauh lebih murah dibanding harga sapi yang sehat. Mukti mengatakan, peternak yang takut tidak memiliki pilihan selain menjual sapi mereka yang sakit kepada tukang jagal, daripada harus menanggung resiko merawat sapi sakit. 

Ia mencontohkan, jika sapi sehat seharga Rp 25 juta, maka sapi yang sakit dihargai Rp 15 juta.

"Banyak yang mau beli, pokok harganya murah, banyak jagal-jagal yang beli disini" katanya pada Kompas TV, Kamis (26/05/2022).

Di Kampung Tempe Sanan Kota Malang, puluhan sapi mulai terjangkit wabah PMK. Berbagai upaya dilakukan peternak untuk mengobati sapi mereka yang terjangkit PMK.

#sapipmk



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.