Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Pamerkan Pangkalan Udara Bawah Tanah Khusus Drone di Pengunungan Zagros, Isinya Mencengangkan

Kompas.tv - 29 Mei 2022, 00:05 WIB
iran-pamerkan-pangkalan-udara-bawah-tanah-khusus-drone-di-pengunungan-zagros-isinya-mencengangkan
TV Negara Iran menayangkan Jenderal Mohammad Bagheri (kiri) dan Jenderal Abdolrahim Mousavi mengunjungi pangkalan bawah tanah khusus drone di bawah pegunungan Zagros. (Sumber: EPA-EFE)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

TEHERAN, KOMPAS.TV - Iran memamerkan pangkalan udara bawah tanah khusus drone tempur. Pangkalan itu berada jauh di dalam pengunungan Zagros di wilayah Barat Iran.

Seperti dilaporkan kantor berita IRNA yang dikutip Straits Times, Sabtu (28/5/2022), reporter TV yang diajak untuk meninjau mengaku lokasi pangkalan tersebut tidak disebutkan.

Namun dia melakukan perjalanan dengan helikopter selama hampir 40 menit dari kota Kermanshah untuk mencapainya pangkalan rahasia tersebut.

Iran mulai mengembangkan drone, atau kendaraan udara tak berawak (UAV), mulai era 1980-an selama perang delapan tahun dengan Irak.

Amerika Serikat dan Israel menuduh Iran mengirim armada drone ke proksinya di Timur Tengah, termasuk gerakan Hizbullah Lebanon, rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, dan pemberontak Houthi Yaman.

Video yang ditayangkan di televisi pemerintah menunjukkan kepala staf angkatan bersenjata Iran Jenderal Mohammad Bagheri dan komandan angkatan darat Abdolrahim Mousavi mengunjungi pangkalan udara bawah tanah tersebut.

"Lebih dari 100 drone tempur, intai dan serbu milik tentara disimpan untuk operasi di pangkalan yang terletak di jantung pegunungan Zagros ini," kata laporan itu.

Baca Juga: Petinggi Garda Revolusi Iran Ditembak Mati di Teheran, Mata-mata Israel Ditangkap

Iran memamerkan pangkalan udara bawah tanah khusus drone tempur, jauh di dalam pengunungan Zagros di wilayah Barat Iran. (Sumber: Arab News)

Jenderal Bagheri, yang dikutip oleh kantor berita resmi IRNA, menggambarkan situs itu sebagai "basis operasional yang aman untuk drone strategis".

"Kami tidak pernah meremehkan ancaman, kami tidak pernah menganggap musuh sedang terlelap, dan kami selalu waspada dan waspada," tambahnya.

Komandan Mousavi mengatakan kepada televisi pemerintah, pangkalan itu terletak "beberapa ratus meter di bawah tanah", tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

TV pemerintah mengatakan drone utama armada itu adalah "Kaman-22", sebuah pesawat tak berawak yang dilengkapi dengan rudal dan mampu terbang setidaknya sejauh 2.000 kilometer.

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi pada program drone Korps Pengawal Revolusi Islam Iran pada Oktober tahun lalu.

Amerika Serikat menuduh Pasukan Pengawal Revolusi berada di balik serangan pesawat tak berawak September 2019 di kilang minyak Saudi, serta serangan pesawat tak berawak Juli 2021 di sebuah kapal komersial di lepas pantai Oman yang menewaskan dua awak.

Namun Iran telah membantah tuduhan itu.



Sumber : Straits Times/IRNA

BERITA LAINNYA



Close Ads x