Kompas TV olahraga kompas sport

Kronologi Kasus Delay 36 menit Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid

Kompas.tv - 29 Mei 2022, 05:50 WIB
kronologi-kasus-delay-36-menit-final-liga-champions-liverpool-vs-real-madrid
Pendukung Liverpool masih tertahan di luar stadion jelang dimulainya kick-off final Liga Champions 2022. (Sumber: BBC Sports)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

PRANCIS, KOMPAS.TV - Kick-off final Liga Champions 2022 antara Liverpool vs Real Madrid pada Minggu (29/5/2022) dini hari WIB ditunda sepanjang 36 menit. Pertandingan di Stade de France, Prancis yang diagendakan mulai pukul 02.00 WIB, baru terlaksana pukul 02.36 WIB.

Apa yang terjadi sebelum final yang akhirnya dimenangi Real Madrid dengan skor 0-1 lewat gol tunggal Vinicus Junior di menit 59 itu?

Sekitar 3 jam sebelum kick-off, BBC melaporkan terdapat ribuan pendukung Liverpool telah datang ke Paris tanpa tiket.

Salah satunya Ian Finlay, yang menyatakan maksudnya untuk membeli tiket di Paris, tetapi ternyata dijual calo dengan harga berlipat ganda.

Penggemar lainnya, James Richards, sengaja datang tanpa tiket dan tidak bermaksud menonton langsung di stadion. 

Pihak penyelenggara menyediakan zona nonton gratis bagi penggemar dengan kuota 44.000 untuk pendukung Liverpool. Lokasinya terletak di Cours de Vincennes, kurang lebih 10 km dari Stade de France.

Pukul 00.42 WIB
Pemain dan staf Liverpool tiba di stadion setelah sempat terjebak kemacetan. Para penggemar bersorak sorai ketika Jurgen Klopp dan anak asuhnya turun dan terpantau dari layar stadion. Di sisi lain, kubu Real Madrid telah tiba lebih awal di lokasi. 

Phil McNulty dari BBC yang berada di luar stadion mengungkapkan pengalamannya via laporan langsung.

"Bukan pengalaman yang paling menyenangkan masuk ke Stade de France dengan jalan macet dan ribuan penggemar masih menunggu untuk masuk," terangnya.

Pukul 01.00 WIB 
Tribun pendukung Liverpool masih lowong, berbanding terbalik dengan tribun pendukung Real Madrid yang penuh sesak.

Radio Perancis, RMC, melaporkan sejumlah pendukung Liverpool datang tanpa tiket dan coba menerobos masuk ke stadion. Kondisi di luar stadion penuh dengan aksi saling dorong di tengah kerumunan.

Pukul 01.45 WIB
James Olley dari ESPN mengabarkan bahwa pusat masalah terjadi di underpass yang jadi lokasi pemeriksaan tiket.

"Pada saat itu mereka memeriksa tiket, mencari tas dan mengambil minuman beralkohol dari orang-orang," ungkap Olley.

"Masalahnya adalah butuh waktu, tetapi ada banyak orang di luar tanpa tiket. Di dunia yang ideal Anda ingin sesuatu untuk menghentikan puluhan ribu orang tanpa tiket. Terjadi ketegangan di luar sana," imbuhnya.

Lima menit sebelumnya, pihak kepolisian melalui akun Twitter menjelaskan bahwa pendukung tanpa tiket dilarang masuk ke stadion.

Sementara itu, sepuluh menit jelang kick-off, penyelenggara memutuskan untuk menunda pertandingan hingga pukul 02.20 WIB.



Sumber : BBC Sports

BERITA LAINNYA



Close Ads x