Kompas TV olahraga kompas sport

Real Madrid Juara Eropa, Kalahkan Liverpool di Final Liga Champions 2022

Kompas.tv - 29 Mei 2022, 05:17 WIB
real-madrid-juara-eropa-kalahkan-liverpool-di-final-liga-champions-2022
Winger Real Madrid Vinicius Junior (kiri) mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga final Liga Champions 2021-2022 di Stade de France, Saint-Denis, Perancis, Minggu (22/5/2022) dini hari WIB. (Sumber: AFP/THOMAS COEX via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

PRANCIS, KOMPAS.TV- Selamat kepada Real Madrid yang baru saja memboyong gelar Piala Champions ke-14 usai mengalahkan Liverpool 1-0 pada partai final yang berlangsung di Stade de France, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan Madrid tercipta pada menit 59 lewat Vinicus Junior guna mempersembahkan gelar ke-14 tropy Liga Champions untuk Los Blancos.

Sementara bagi The Reds, hasil ini kembali membuat mereka gagal membalas kekalahan pada Real Madrid saat final Liga Champions 2018 lalu.

Kala itu, Liverpool harus mengakui keunggulan Real Madrid di partai puncak. Mereka takluk 1-3. 

Kick off final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid sempat mengalami penundaan.  
Awalnya, laga dijadwalkan kick-off pukul 02.00 WIB, tetapi akhirnya baru bisa dimulai pada 02.36 WIB lantaran terjadi kericuhan di luar stadion karena tidak bisa masuknya salah satu kelompok suporter klub.

Baca Juga: Ditanya Final Champions League, Mesut Ozil: Hala Madrid!

Peluang pertama baru hadir pada menit ke-16 ketika tusukan bek kanan Liverpool Trent Alexander-Arnold diakhiri sontekan Mohamed Salah dari kotak penalti.

Namun, upaya pertama Liverpool tersebut gagal membuahkan gol karena kiper Real Madrid Thibaut Courtois bisa menepisnya. 

Semenit berselang, giliran Thiago Alcantara yang mencoba peruntungan dari luar kotak 16. Sayangnya, sepakan Thiago masih tepat di pelukan Courtois.

Mo Salah kembali melepas shot on target tak lama dari peluang Thiago Alcantara. Namun, lagi-lagi, Courtois masih terlalu tangguh bagi winger asal Mesir itu. Liverpool benar-benar memaksa Courtois bekerja keras.

Pada menit ke-21, sang kiper melakukan penyelamatan krusial. Dia mementahkan sepakan jarak dekat Sadio Mane.

Selama Liverpool melancarkan serangan, Real Madrid praktis hanya bisa bertahan. Mereka hanya menyisakan Vinicius Junior dan Karim Benzema di depan.

Baca Juga: Final Liga Champions: Makalele dan Ferdinand Sepakat Real Madrid akan Tekuk Liverpool

Pada menit ke-35, umpan silang Alexander-Arnold ditanduk Mohamed Salah, tetapi masih lemah sehingga bisa ditangkap dengan mudah oleh Courtois.

Pada menit ke-43, sebuah drama terjadi Real Madrid mencetak gol lewat sepakan kaki kanan Karim Benzema dari dalam kotak penalti. Wasit Clement Turpin lalu mengecek Video Assistant Referee (VAR) untuk melihat lebih jauh proses gol Benzema karena ada kemungkinan offside.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x