Kompas TV nasional peristiwa

H-6 Balapan, Persiapan Ajang Formula E Selesai 90 Persen

Kompas.tv - 29 Mei 2022, 18:36 WIB
h-6-balapan-persiapan-ajang-formula-e-selesai-90-persen
Konferensi pers ajang balap Formula E Jakarta di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (29/5/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vice President Infrastructure & General Affairs Irawan Sucahyono mengatakan, saat ini pembangunan infrastruktur dan persiapan gelaran Formula E sudah selesai 90 persen. 

Balapan mobil listrik tersebut akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang. 

"H-6 sudah 90 persen disiapkan, bukan hanya infrastrukur tetapi pembalap dan perlengkapan balap sudah datang," kata Irawan pada konferensi pers di Jakarta Pusat, Minggu (29/5/22). 

Baca Juga: Dana Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol Sebesar Rp 190 Miliar

Irawan menjelaskan, ada empat tahapan infrastruktur dalam pembangunan sirkuit. Dimulai dari trek, kemudian infrastruktur pendukung. Setelahnya, bangunan non permanen dan terakhir, alat-alat elektronik. 

Sementara itu, pembalap akan datang ke Jakarta mulai Selasa (31/5/22) pagi dan akan melakukan shake down atau pemanasan pada Jumat (3/6/22) sore. 

Lalu, homologasi dari pihak FIA akan berlangsung sejak Selasa (31/5) hingga Kamis (2/6/22). 

Balapan yang berlangsung pada Sabtu (4/6/22) akan dimulai dengan free practice pertama yang akan dilanjutkan dengan free practice kedua.

Lalu dilanjutkan oleh babak kualifikasi sebelum balapan dimulai pada sore hari pukul 15.00 WIB. 

Baca Juga: Belum Ada BUMN, Sponsor Lokal Formula E Jakarta Masih Bisa Bertambah

Sementara itu, proses perbaikan atap tribun penonton yang ambruk ditargetkan selesai pada Kamis (2/6/2022) mendatang. Tepatnya, H-2 balapan berlangsung yakni Sabtu (4/6/2022).

Principal Safety Consultant Formula E Operation Richard Bates menjelaskan, dalam dua hari ini, pihaknya akan memindahkan terlebih dahulu material yang rusak. Lalu pada Rabu (1/6/2022) pembangunan akan dimulai kembali.

"Dalam tiga hari kami akan bangun lagi, dan diperkirakan selesai pada hari Kamis (2/6/2022) target maksimal hari Kamis," kata Richard saat konferensi pers Formula E di kawasan Jakarta Pusat, Minggu.

Sebelumnya diberitakan, atap grandstand atau tribun penonton di area sirkuit Formula E, Ancol Pademangan, Jakarta Utara ambruk pada Jumat (27/5/2022) malam. Kejadian tersebut terjadi karena cuaca buruk.

Tampak kerangka besi penyangga atap yang dipasang di atas kursi tribun, miring. Kanopi putih penutup area grandstand juga miring mengikuti besi penyangganya yang ambruk ke belakang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.