Kompas TV nasional peristiwa

Atap Tribun Penonton Formula E Roboh, Politikus Gerindra Minta Dilakukan Audit

Kompas.tv - 29 Mei 2022, 19:09 WIB
atap-tribun-penonton-formula-e-roboh-politikus-gerindra-minta-dilakukan-audit
Atap tribun penonton Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit Ancol, Jakarta Utara, ambruk. (Sumber: ANTARA/facebook/robybyanant/Dewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kamrussamad meminta pembangunan fasilitas Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, diaudit.

Hal ini terkait robohnya atap salah satu grandstand atau tribun penonton di sirkuit Formula E Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Menurut politikus Partai Gerindra itu, kejadian tersebut dapat membawa dampak kecelakaan hingga merusak citra DKI Jakarta dan Indonesia di mata internasional, khususnya di dunia otomotif.

"Kita meminta audit khusus untuk tribun Formula E yang ambruk," kata wakil rakyat asal DKI Jakarta itu seperti diwartakan Antara, Minggu (29/5/2022). 

Kamrussamad kemudian mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bahwa pelaksanaan pembangunan yang begitu cepat juga wajib memenuhi syarat tata kelola pemerintahan yang baik.

Tak hanya itu, tata kelola keuangan hingga menyangkut spesifikasi teknis dan waktu pelaksanaan juga harus diperhartikan dengan seksama.

"Jangan karena terburu-buru, kualitasnya jadi terabaikan," ujar Kamrussamad menegaskan.

Dia memastikan usai gelaran kegiatan Formula E, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melakukan pemeriksaan di akhir tahun.

Baca Juga: Atap Tribun Penonton Ambruk, Wagub DKI Tegaskan Tidak Ada Kendala Penyelenggaraan Formula E

Diberitakan sebelumnya, atap tribun penonton Formula E Jakarta ambruk pada Jumat (27/5/2022) malam. 

Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menyebut atap yang roboh masuk ke dalam kategori tribun grandstand.

Menurut penjelasannya, peristiwa tersebut terjadi akibat terjangan angin kencang dan hujan.

"Yang kena badai satu grandstand saja. Itu kena badai malam tadi (Jumat, 27/5)," sebut Sahroni.

Lebih lanjut, dirinya menyebut hal itu bukan masalah besar dan segera diperbaiki kembali. 

Sementara itu, dalam konferensi pers Formula E di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (29/5/22), Principal Safety Consultant Formula E Operation Richard Bates mengatakan perbaikan atap tribun penonton di sirkuit Formula E akan selesai pada Kamis, 2 Juni 2022. 

"Dalam tiga hari kami akan bangun lagi, dan diperkirakan selesai pada hari Kamis (2/6/2022) target maksimal hari Kamis," kata Richard.

Dia menyatakan Formula E Operation bersama dengan PT Jakarta Propertindo akan memastikan atap berada dalam kondisi optimal dan layak sesuai standar internasional FEO. 

Baca Juga: Perbaikan Atap Tribun Formula E yang Ambruk Ditargetkan Selesai H-2 Balapan



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.