Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Tepung Terigu Sebagai Pertolongan Pertama Luka Bakar | News Or Hoax

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 09:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar informasi mengenai penggunaan tepung terigu untuk pertolongan pertama luka bakar. Informasi itu mengeklaim, tepung terigu sangat ampuh digunakan sebagai pertolongan pertama luka bakar.

Namun, berdasarkan penelusuran, klaim keampuhan tepung terigu untuk pertolongan pertama luka bakar tidak benar, dan sudah pernah beredar dengan narasi yang berbeda.

Klaim tersebut telah dibantah oleh ahli kesehatan. Diwartakan kompas.com, 24 april 2021, dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik dari Universitas Jenderal Soedirman, Ahmad Fawzy, menegaskan informasi itu tidak benar.

Menurut Fawzy, tepung terigu tidak memberikan efek sama sekali jika diberikan pada luka bakar. Bahkan, pemberian tepung pada luka bakar justru akan berisiko menyebabkan infeksi, karena bukan bahan steril. Terigu juga tidak memiliki active ingredient atau bahan aktif apa pun untuk luka bakar.

"tepung terigu justru sangat berpotensi mencemari luka, membuat kontaminan ukuran sangat kecil yang sulit dibersihkan," kata Fawzy.

Jadi, klaim tepung terigu ampuh digunakan untuk pertolongan pertama luka bakar adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x