Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Radiasi Ponsel Meningkat Saat Menjawab Telepon Jika Keadaan Baterai Lemah | News Or Hoax

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 09:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar informasi mengenai larangan menjawab telepon, saat baterai ponsel berada di bawah 10 persen, atau  saat baterai lemah. Informasi itu mengeklaim, ponsel akan memancarkan radiasi seribu kali lebih tinggi saat dalam kondisi baterai lemah.

Namun, berdasarkan penelusuran, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Ternyata klaim serupa pernah beredar dengan narasi berbahasa inggris. Klaim tersebut telah dibantah dalam artikel aap factcheck, laman pemeriksa fakta Australia. Dilansir dari AAP Factcheck, riset yang telah dilakukan tidak menemukan bukti untuk mendukung klaim bahwa ponsel mengeluarkan radiasi seribu kali lebih kuat saat dalam kondisi baterai lemah.

Hal tersebut diungkapkan Rodney Croft, ketua international commission on non-ionizing radiation protection. Croft mengatakan, hal yang memengaruhi tingkat radiasi ponsel adalah kedekatannya dengan stasiun pangkalan seluler, atau biasa dikenal sebagai BTS.

Menurut Croft, di sebagian besar negara, seperti di Australia, tingkat radiasi tertinggi yang diizinkan untuk dipancarkan oleh ponsel, terlepas dari situasinya tidak dapat melebihi batas yang ditentukan dalam standar keamanan radiasi ponsel.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x