Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Penampakan Ikan Raksasa Di Danau Ranu Pakis Lumajang | News Or Hoax

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 09:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar video yang memperlihatkan penampakan ikan berukuran besar di danau ranu pakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa timur. Warga meyakini ikan misterius itu merupakan ikan raksasa penunggu danau yang mungkin saja telah berusia ratusan tahun. Ada pula mitos yang menyebutkan ikan raksasa itu adalah penunggu danau. Tapi salah seorang nelayan membantahnya. Ikan raksasa itu menurutnya ikan yang bergerombol.

Nelayan Desa Ranu Pakis, Muhammad Idris Baidhowi, mengatakan bayangan seperti ikan berukuran besar yang muncul dalam video itu sebenarnya bukan ikan raksasa seperti yang dibayangkan warga.

Sebagaimana terlihat dalam video, sudut pandang pengambilan gambar memang tampak dari atas, yang mana pada saat itu berkumpul sejumlah warga untuk menyaksikannya.

Apalagi, kata baidhowi, saat pengambilan video itu, danau ranu pakis dalam keadaan berkabut. Hal itu juga yang menurutnya membuat gerombolan ikan ini tampak seperti ikan raksasa.

Sebelumnya diketahui, ranu pakis merupakan salah satu danau di lumajang yang memiliki luas 112 hektar. Lokasinya berada di desa ranu pakis, lumajang. Di danau itu beragam ikan hidup seperti mujaer, gurame, sidat hingga gabus.

Oleh karena itu, klaim penampakan ikan berukuran besar di danau ranu pakis kabupaten lumajang, jawa timur, adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x