Kompas TV regional hukum

Tukang Masak Nyamar Jadi Babinsa hingga Anggota TNI AL, Ternyata Demi Malak di Warung Makan

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 14:36 WIB
tukang-masak-nyamar-jadi-babinsa-hingga-anggota-tni-al-ternyata-demi-malak-di-warung-makan
Ilustrasi TNI Gadungan. Seorang TNI gadungan. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

TARAKAN, KOMPAS.TV - Seorang pria berinisial F ditangkap anggota Kodim 0907/Tarakan karena menyamar sebagai anggota TNI dan diduga melakukan pemerasan terhadap warga Tarakan.

Pjs Dan Unit Kodim 0907/Tarakan Letda Inf Jomensen Hutajulu mengatakan pihaknya telah mendapat laporan dari warga 8 hari yang lalu karena ada seorang yang mengaku sebagai Babinsa.

Baca Juga: Polisi Ciduk TNI Gadungan Penjual Senjata Api Rakitan di Klaten

"Delapan hari yang lalu, warga telah melaporkan kepada pihak Kodim ada seorang yang mengaku Babinsa," kata Jomensen lewat keterangannya yang dikutip pada Selasa (31/5/2022).

"Dia (pelaku F) meminta-minta di tempat makan, toko dan warga. Begitu kita cek ternyata dia bukan babinsa."

Setelah mendapat laporan dari warga, Jomensen menuturkan pihaknya lantas mendapat informasi bahwa pelaku F berada di Kelurahan Kampung Satu Skip, Kecamatan Tarakan Tengah.

Tanpa membuang waktu, anggota Kodim Tarakan langsung meringkus pelaku F tanpa perlawanan. Pelaku kemudian langsung dibawa ke Makodim 0907/Tarakan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Baca Juga: TNI Gadungan Marah Saat Ditanya Anggota Kodim: Ngapain Ditanya-tanya, Kita Sama-Sama Tentara

Jomensen menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, pelaku F menyamar sebagai anggota TNI dan kerap melakukan pemerasan dengan meminta sejumlah uang kepada warga.

Namun, ketika dilakukan pengecekan oleh Kodim 0907/Tarakan, ternyata pria berinisial F itu hanyalah warga sipil yang mengaku Babinsa.

Jomensen mengungkapkan pelaku F sehari-hari berprofesi sebagai tukang masak. Kepada anggota TNI, pelaku F mengakui perbuatannya. 

Pelaku, kata Jomensen, mengaku melakukan hal itu karena khilaf dan ingin mendapatkan uang dengan mudah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x