Kompas TV regional berita daerah

Penendang Sesajen Erupsi Gunung Semeru Divonis 10 Bulan Penjara

Kamis, 2 Juni 2022 | 12:50 WIB

Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Majelis hakim Pengadilan Negeri Lumajang Jawa Timur menjatuhkan vonis 10 bulan kurungan penjara kepada Hadfana Firdaus, terdakwa penendang sesajen di wilayah erupsi gunung semeru. Vonis itu lebih berat dibanding tuntutan jaksa penuntut umum, yang hanya 7 bulan.

Hadfana Firdaus, pria penendang sesajen di wilayah erupsi gunung semeru akhirnya menerima putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Lumajang, pada Selasa (31/5/2022) siang.

Baca Juga: Penendang Sesajen Erupsi Semeru Dituntut 7 Bulan Penjara

Ia dinyatakan melanggar pasal 45 undang-undang informatika dan transaksi elektronik. Terdakwa dianggap menyebarkan informasi, yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok berdasarkan suku, agama dan ras.

Majelis hakim, yang diketuai oleh Budi Prayitno menyatakan perbuatan terdakwa telah membuat resah masyarakat Lumajang, terutama korban erupsi gunung semeru.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lumajang, Mirzantio Erdinanda menjelaskan bahwa terdakwa menerima putusan hakim, sedangkan jaksa penuntut umum akan mengkajinya lagi.

Baca Juga: Umat Hindu Laporkan Pelaku Buang dan Tendang Sesajen ke Polisi

Sebelumnya, terdakwa Hadfana Firdaus ditangkap polisi setelah video dirinya membuang dan menendang sesajen di lokasi bencana erupsi gunung semeru viral di media sosial pada awal bulan Januari lalu.

Atas tindakannya, terdakwa dianggap telah melakukan perbuatan intoleran. Dampaknya, masyarakat menjadi resah dan menganggap terdakwa mencederai kerukunan umat beragama.

#PenendangSesajen #SidangVonis #Lumajang


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x