Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Ungkap Ganjar Bisa Gaet Pemilih Muslim asal Dekat dengan NU

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 12:51 WIB
pengamat-ungkap-ganjar-bisa-gaet-pemilih-muslim-asal-dekat-dengan-nu
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai bisa mendapatkan suara pemilh Muslim di gelaran Pilpres 2024 mendatang lewat NU (Sumber: Dok. Pemprov Jateng)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dinilai bisa mendapatkan suara pemilih Muslim asalkan bisa cukup dekat dengan warga Nahdlatul Ulama (NU).

Potensi itu diungkap oleh Pengamat Politik Islam dari The Political Literacy, Muhammad Hanifuddin tentang potensi Ganjar Pranowo dalam gelaran Pilpres 2024 mendatang dan potensi pemilih Muslim dari warga NU. 

Ia juga menyebut, Ganjar bisa jadi kelanjutan representasi Nasionalis-Islam layaknya gelaran pilpres 2019 terdahulu yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf.

“Ganjar bisa jadi akan jadi kelanjutan suara Jokowi-Ma'ruf. Ganjar juga dekat dengan NU yang merepresentassikan Islam moderat,” kata Hanif kepada KOMPAS.TV via pesan Whatsapp, Selasa (7/6/2022).

Hanif juga menjelaskan, untuk pemilu 2024 mendatang, Ganjar baiknya mulai mendekati partai yang dekat dengan warga NU seperti PKB atau maupun tokoh-tokoh NU.

Ia menyebut, hal ini cukup penting mengingat suara di NU cukup signifikan sebagaimana terjadi pada gelaran Pilpres 2019 lalu.

“Setidaknya Ganjar harus terus mendekat ke tokoh-tokoh NU, baik kultural maupun struktural,” ujar dia.

Baca Juga: Gelar Aksi di Kantor Gubernur Ganjar Pranowo, Ini Makna 27 Kendi yang Dibawa Warga Desa Wadas

Bagi Hanif, Ganjar dinilai harus menawarkan program yang mengena di warga NU, khususnya di kultural atau masyarakat biasa.  

Ganjar juga menurut Hanif akan disukai warga NU jika mampu memberikan solusi yang dekat dengan persoalan yang dialami warga NU. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x