Kompas TV internasional kompas dunia

Laporan Terbaru PBB: Pendudukan oleh Israel adalah Akar Masalah Kekerasan di Palestina

Rabu, 8 Juni 2022 | 23:23 WIB
laporan-terbaru-pbb-pendudukan-oleh-israel-adalah-akar-masalah-kekerasan-di-palestina
Pendudukan dan diskriminasi Israel terhadap warga Palestina adalah penyebab utama “siklus kekerasan yang terus-menerus”, menurut laporan terbaru PBB yang terbit hari Selasa, (7/6/2022). (Sumber: Mahmoud Illean/Associated Press)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Pendudukan dan diskriminasi Israel terhadap warga Palestina adalah penyebab utama “siklus kekerasan yang terus-menerus”, menurut laporan terbaru PBB yang terbit Selasa (7/6/2022).

Seperti laporan Arab News Rabu (8/6/2022), sebuah tim penyelidik yang ditunjuk tahun lalu oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk memeriksa semua akar penyebab konflik Israel-Palestina menyimpulkan, Israel jelas tidak berniat untuk mengakhiri pendudukannya atas tanah Palestina.

"Rekomendasi PBB sebelumnya telah sangat diarahkan ke Israel, yang merupakan indikator sifat konflik yang tidak simetris dan realitas sebuah negara menduduki negara lain," kata pemimpin penyelidik Navi Pillay, mantan kepala hak asasi PBB dari Afrika Selatan.

"Rekomendasi-rekomendasi ini sebagian besar belum dilaksanakan,” kata Pilay.

Ia menambahkan, kurangnya implementasi ini ditambah dengan rasa impunitas, adalah bukti paling nyata bahwa Israel tidak punya niat mengakhiri pendudukan, dan perlakuan diskriminasi yang terus-menerus terhadap warga Palestina adalah titik pusat terus berulangnya pelanggaran sistematis di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, dan Israel.

Namun, laporan setebal 18 halaman itu menyimpulkan, untuk mengakhiri pendudukan saja tidak akan cukup. Laporan PBB itu juga mendesak tindakan tambahan untuk memastikan hak asasi manusia diterapkan secara setara.

Sebuah undang-undang Israel yang menolak naturalisasi bagi warga Palestina yang menikah dengan warga Israel adalah contoh dimana Israel memberikan status sipil, hak, dan perlindungan hukum yang berbeda kepada minoritas Arab, kata laporan itu.

Baca Juga: Kekerasan di Tepi Barat Berlanjut, Israel Tembak Mati Perempuan Palestina, Diklaim Datang Bawa Pisau

Seorang pengunjuk rasa Palestina melemparkan bom molotov ke arah tentara Israel selama bentrokan di kota Hebron, Tepi Barat, 3 April 2013. Pendudukan dan diskriminasi Israel terhadap warga Palestina adalah penyebab utama “siklus kekerasan yang terus-menerus”, menurut laporan terbaru PBB yang terbit hari Selasa, (7/6/2022). (Sumber: AP Photo/Nasser Shiyoukhi, File)

PBB membentuk Komisi Penyelidikan tahun lalu setelah perang 11 hari Israel di Gaza pada Mei 2021 yang menewaskan 260 warga Palestina.

Israel menolak bekerja sama dalam penyelidikan, dan hari Selasa kementerian luar negeri Israel mengatakan penyelidikan tersebut adalah perburuan penyihir dan laporan itu sepihak.


Sumber : Arab News

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Penyebar Video Mesum Mengaku Iseng

Selasa, 16 Agustus 2022 | 01:17 WIB
Close Ads x