Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Masih Bikin Rugi, Spotify Yakin Podcast akan Menguntungkan Mulai Tahun Depan

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 15:01 WIB
masih-bikin-rugi-spotify-yakin-podcast-akan-menguntungkan-mulai-tahun-depan
Spotify optimistis fitur Podcast akan mulai menguntungkan dalam satu hingga tiga tahun ke depan. (Sumber: AP)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

NEW YORK, KOMPAS.TV- Platform layanan pemutar musik digital, Spotify, optimistis fitur podcast di aplikasinya akan segera memberi keuntungan untuk perusahaan. Chief Financial Officer Spotify Paul Vogel mengatakan, podcast di Spotify akan menguntungkan secara finansial pada 2024.

Mengutip Bloomberg, Kamis (9/6/2022), perusahaan itu telah menggelontorkan dana sebesar 1 mikir dollar AS untuk mengembangkan podcast. Namun, kini para investor mulai khawatir karena belum ada tanda-tanda dana mereka akan kembali. Manajemen Spotify juga sempat membuat pernyataan, jika podcast yang merupakan fitur non-musik, akan menggerus keuntungan Spotify.

Hal itu pada akhirnya membuat nilai saham Spotify melemah tajam pada April lalu. Namun perusahaan tetap berusaha meyakinkan investor, podcast akan mulai memberi keuntungan dalam satu hingga dan tahun ke depan.

Kemudian pada tiga hingga lima tahun ke depan, podcast akan menyumbang hingga 50 persen dari total keuntungan perusahaan. Lebih tinggi dari proyeksi keuntungan dari bisnis inti Spotify, platform musik, yang hanya sebesar 35 persen.

Baca Juga: Startup Beres.id Tutup, Tidak Kuat Terdampak Pandemi 2 Tahun

Namun untuk saat ini, Vogel mengakui kondisinya masih belum menguntungkan. Sepanjang 2021, bisnis podcast menyumbang pendapatan sebesar 200 juta euro, naik hampir 300 persen dibanding 2020.

Namun, peningkatan pendapatan itu tidak diiringi dengan kebaikan laba. Vogel mengatakan keuntungan yang didapat dari podcast justru minus 57 persen dari 2020. Jumlah kerugian itu akan bertambah besar di tahun ini.

Lalu, 30 persen dari pengguna Spotify atau sekitar 125 juta pengguna bulanan, mendengarkan podcast di kuartal I-2022. Jika dibandingkan dengan musik, baru 7 persen waktu yang digunakan pengguna untuk mendengarkan podcast di waktu tersebut. Sedangkan musik menguasai 93 persen waktu mendengarkan.

Baca Juga: Pertamina Cuan Rp29 T di 2021, Naik Hampir 2 Kali Lipat Meski Pandemi

Selama periode Januari-Maret 2022, Spotify juga baru mampu memonetisasi podcast 14 persen dari total waktu mendengarkan.

Salah satu strategi yang akan digunakan untuk membuat podcast lebih menguntungkan, adalah dengan menggandeng konten kreator ternama untuk mendulang pendengar. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x