Kompas TV internasional kompas dunia

Polisi Thailand Sita Sabu yang Disembunyikan di Replika Patung Pulau Paskah

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 22:53 WIB
polisi-thailand-sita-sabu-yang-disembunyikan-di-replika-patung-pulau-paskah
Satuan polisi anti-narkotika Thailand berhasil menyita 200 kilogram sabu (crystal meth) yang disembunyikan di dalam replika patung Pulau Paskah, sedang menunggu pengiriman ke Taiwan (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

BANGKOK, KOMPAS.TV - Satuan polisi anti-narkotika Thailand berhasil menyita 200 kilogram sabu (crystal meth) yang disembunyikan di dalam replika patung Pulau Paskah.

Tampak replika patung yang sedang menunggu pengiriman ke Taiwan, seperti diberitakan menurut laporan France24, Kamis, (9/6/2022).

Aparat anti-narkoba Thailand yang bekerja sama dengan polisi Taiwan menggerebek sebuah perusahaan pelayaran di kota pelabuhan Laem Chabang, sekitar 50 km tenggara Bangkok.

Mereka lantas memeriksa enam kepala patung yang terbuat dari rangka semen dan logam itu.

Petugas menggunakan penggiling sudut, palu dan pahat untuk membuat lubang di salah satu patung.

Mereka pun mengungkap obat-obatan berbahaya yang disembunyikan di dalam kantong plastik, menurut rekaman yang ditampilkan di media lokal.

Khemmarin Hassiri, Komandan Divisi urusan Luar Negeri Kepolisian Kerajaan Thailand, seperti dikutip France24 mengatakan, obat-obatan terlarang itu rencananya akan dikirim ke Taiwan.

Patung-patung itu awalnya diangkut ke Thailand dari Taiwan pada akhir 2020 untuk sebuah pameran.

Polisi meminta surat perintah penangkapan untuk tersangka narkoba Thailand dan Taiwan yang terkait dengan patung-patung itu.

Perwakilan regional Kantor Narkoba dan Kejahatan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Jeremy Douglas mengatakan, penangkapan itu "tidak mengejutkan".



Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x