Kompas TV TALKSHOW ayo sehat

Awas, Stroke Incar Anak Muda- AYO SEHAT

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 18:38 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Mereka yang muda, mereka yang berkarya, begitulah tagline yang sering kita dengar sana sini di berbagai media. Gaya hidup yang milenial, serba instan, penuh dengan terobosan, nyatanya memberikan sebuah ancaman penyakit serius yang perlu di waspadai. Stroke adalah salah satu penyakitnya.

Kaum muda harus waspada dengan ancaman penyakit yang satu ini. Kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan cepat saji, kurangnya istirahat, konsumsi alkohol, hingga kurangnya beristirahat, dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya stroke di usia muda.

Stroke kini tidak lagi identifk dengan penyakit yang diderita orang usia lanjut. Berdasarkan riset kesehatan dasar (riskesdas), prevalensi kasus stroke di Indonesia meningkat menjadi 10,9 kasus per 1000 penduduk pada 2018 yang sebelumnya hanya 7,0 kasus per 1000 penduduk pada 2013. Stroke dapat dialami oleh siapa saja, tak terkecuali mereka yang masih berusia muda atau 20 tahunan.

Stroke sendiri merupakan kondisi ketika aliran darah ke bagian otak terhenti. Akibatnya sel-sel otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan hingga akhirnya sel tersebut mati dan dapat menyebakan kerusakan otak yang berlangsung lama, cacat jangka panjang, bahkan kematian.

Follow us on instagram: @ayosehat_kompastv



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x