Kompas TV internasional kompas dunia

Hujan Batu, 136 Orang Ditangkap dalam Protes Umat Islam di Uttar Pradesh India

Sabtu, 11 Juni 2022 | 07:39 WIB
hujan-batu-136-orang-ditangkap-dalam-protes-umat-islam-di-uttar-pradesh-india
Protes besar-besaran terjadi di India pada Jumat (10/6) menyusul komentar kontroversial pejabat BJP, partai yang berkuasa, yang dianggap menghina Nabi Muhammad. (Sumber: New Indian Express)

Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

DELHI, KOMPAS.TV - Sebanyak 136 orang ditangkap dalam protes besar-besaran umat Islam di negara bagian Uttar Pradesh, India pada Jumat (10/6/2022). Kepastian akan hal itu ditegaskan oleh otoritas keamanan setempat. 

"Sebanyak 136 orang yang melakukan protes ditangkap dari enam distrik di Uttar Pradesh hinggal pukul 21.45," ungkap Prashant Kumar, Dirjen Kepolisian India, dilansir New Indian Express.

Kumar merinci jumlah pengunjuk rasa yang ditangkap berasal dari Distrik Saharanpir (45 orang), Prayagraj (37 orang), Ambedkar Nagar (23 orang), Hathras (20 orang) dan Moradabad (7 orang) serta Firozabad (4 orang).

Di Distrik Prayagraj, demonstrasi sempat diwarnai aksi pelemparan batu pada polisi yang bertugas mengamankan unjuk rasa. Insiden itu, menurut warga setempat, berlangsung sekitar 15 menit.

Baca Juga: Al Qaeda Ancam Bom India Selepas Adanya Penghinaan Terhadap Nabi

Awanish Awasthi selaku pejabat berwenang, mengeklaim situasi telah mereda.

"Kekuatan kecil digunakan untuk menghentikan beberapa orang yang terlibat dalam kekerasan. Situasi di Prayagraj sekarang damai. Saya mengimbau orang-orang untuk menggunakan cara-cara protes yang demokratis tanpa menggunakan kekerasan." ungkap Awsthi.

Gelombang protes di India terus berlanjut usai komentar kontroversial terkait Nabi Muhammad dilontarkan Nupur Sharma, juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP).

Politikus tersebut kini sudah mendapat sanksi skorsing dari partai yang menaunginya. Kendati begitu, kecaman terus mengalir dari diplomat negara-negara mayoritas muslim serta umat Islam di India.

Unjuk rasa meletus di sejumlah tempat pada Jumat (10/6), meliputi wilayah Uttar Pardesh, Telangana, Bengal Barat dan Delhi. Demonstrasi besar-besaran dimulai setelah salat Jumat.

Halaman Selanjutnya


Sumber : New Indian Express/Al Jazeera

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x