Kompas TV nasional update corona

Luhut Terkait Covid-19 di RI: Jika hingga Juli Kasus Meningkat, Upaya Mitigasi Segera Dilakukan

Sabtu, 11 Juni 2022 | 19:33 WIB
luhut-terkait-covid-19-di-ri-jika-hingga-juli-kasus-meningkat-upaya-mitigasi-segera-dilakukan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam unggahan Instagram terbaru menyatakan akan memberlakukan upaya mitigasi jika kasus Covid-19 di Indonesia meningkat hingga bulan Juli 2022. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)

Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait kasus Covid-19 di Indonesia yang dilaporkan kembali melonjak, Sabtu (11/6/2022). Luhut dalam pernyataannya melalui Instagram, menduga kenaikan kasus Covid-19 diakibatkan oleh subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang juga ditemui di beberapa negara lain.

"Akhir-akhir ini memang terjadi kenaikan kasus yang signifikan di beberapa negara lain yang disebabkan oleh subvarian BA.4 dan BA.5," tuturnya, Sabtu.

Meski demikian, ia mengatakan tingkat kasus positif di Indonesia masih terbilang rendah yakni 1,44 persen di bawah standar WHO kurang dari 5 persen. 

"Meskipun kasus meningkat dalam seminggu terakhir, kabar baiknya positivity rate masih relatif lebih rendah di 1,44% dibawah standar WHO yakni < 5%." jelas Luhut.

Baca Juga: Kemenkes: 4 Pasien Varian Baru Omicron BA 4 dan BA 5 Sudah Vaksin Lengkap, 1 Orang Bergejala

"Saya mendapatkan informasi bahwa peningkatan kasus yang disebabkan oleh varian ini berdasarkan pengalaman negara lain jauh lebih rendah dari Omicron dan dibandingkan momen Lebaran atau Natal kenaikannya juga relatif jauh lebih rendah," lanjutnya.

Luhut melanjutkan, pihaknya sepakat menunggu hingga bulan Juli terkait tren kenaikan kasus Covid-19. Jika terjadi pelonjakan, ia mengatakan segera melakukan upaya mitigasi pencegahan kasus virus corona.

"Kami sepakat akan menunggu hingga bulan Juli ini apabila kasus meningkat signifikan maka berbagai upaya mitigasi harus segera diberlakukan," tuturnya.

Ia juga melaporkan terkait vaksinasi booster atau vaksinasi tambahan yang tak mengalami kenaikan signifikan. Luhut kemudian memerintahkan seluruh pihak terkait agar tingkat vaksinasi kembali meninggi.

"Saya hari ini memerintahkan langsung kepada seluruh pihak terkait yakni Menkes, TNI dan Polri, Kepala BNPB hingga Pemerintah Daerah untuk kembali turun ke lapangan menjangkau masyarakat yang belum melakukan vaksinasi booster dengan menempuh berbagai cara termasuk pelayanan dari pintu ke pintu mengingat akselerasi vaksinasi booster bergerak cukup lambat akhir-akhir ini," jelasnya.

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x