Kompas TV feature news or hoax

Hoaks RSDC Wisma Atlet Ditutup Awal Juli 2022 | News Or Hoax

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 14:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar sebuah foto tangkapan layar artikel dengan narasi bahwa rumah sakit darurat Covid-19 wisma atlet akan resmi ditutup pada juli 2022, karena kasus Covid-19 sudah selesai. Artikel itu seolah dimuat pada sabtu 4 juni 2022, dengan judul “wisma atlet rsdc resmi ditutup awal bulan juli 2022, kasus covid-19 selesai!".

Namun, bersadasarkan penelusuran, klaim artikel yang memuat informasi tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya, narasi pada artikel itu telah diedit. Artikel itu sebenarnya dimuat situs beritasatu.com pada sabtu 4 juni 2022 lalu, dengan judul "pasien Covid-19 dirawat di wisma atlet tersisa 5 orang.”

Lebih lanjut diketahui, indonesia saat ini masih dalam fase transisi dari pandemi menuju endemi. Pelaksana direktur surveilans dan kekarantinaan kesehatan kementerian kesehatan endang budi hastuti mengungkapkan, pihaknya sedang menyusun usulan indikator penetapan endemi Covid-19. Ia mengatakan salah satu syarat untuk masuk ke fase endemi Covid-19 adalah kasus Covid-19 tetap terkendali minimal selama 6 bulan.

Jadi klaim artikel yang memuat informasi bahwa rumah sakit darurat Covid-19 wisma atlet akan resmi ditutup pada juli 2022 adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x