Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Singapura Akan Serahkan Aset Koruptor Senilai 1000 Triliun | News Or Hoax

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 14:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar narasi di media sosial yang menyebut singapura akan menyerahkan aset Indonesia senilai seribu triliun yang dicuri koruptor. Narasi itu disertai video yang menampilkan Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri Singapura Lee Sien Loong, serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Namun, berdasarkan penelusuran, narasi yang disematkan pada video tidak benar alias hoaks. Video yang beredar merupakan gabungan dari beberapa video. Salah satunya video ketika presiden jokowi dan perdana menteri Singapura lee hsien loong melakukan pertemuan leaders’ retreat di Bintan, Kepulauan Riau, pada 25 januari 2022 lalu.sedangkan cuplikan video lain yang menampilkan Mahfud MD, berasal dari video di kanal youtube Kemenko Polhukam RI, yang diunggah pada 16 februari 2022.

Mahfud kala itu menyampaikan bahwa pemerintah akan segera memproses tiga ratifikasi perjanjian antara Indonesia dan Singapura, yakni perjanjian terkait flight information region, defense coperation agreement, dan perjanjian ekstradisi.

Oleh karena itu, video yang menyebut bahwa Singapura menyerahkan seribu triliun aset Indonesia yang dicuri koruptor adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x