Kompas TV nasional politik

Profil Mahendra Siregar, Wamenlu Jokowi yang Juga Jadi Bos OJK

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 18:26 WIB
profil-mahendra-siregar-wamenlu-jokowi-yang-juga-jadi-bos-ojk
Mehendra Siregar Wamenlu Jokowi yang kini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027. (Sumber: MoFA - Indonesia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Mehendra Siregar yang kini menduduki kursi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) telah terpilih sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027.

Seperti diketahui, pada April 2022, Komisi XI DPR telah menyetujui Mahendra untuk menggantikan posisi Wimboh Santoso.

Mahendra bukan orang baru di bidang ekonomi dan keuangan. Pria kelahiran 17 Oktober 1962 ini pada 2001 bergabung dengan Kementerian Koordinator Perekonomian dan dipercaya menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Sarjana lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan master dari Universitas Monash Australia ini juga pernah menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari tahun 2005 hingga 2009. 

Ia menjabat tugas yang sama pada 3 era Menko Perekonomian yakni, Aburizal Bakrie, Boediono, dan Sri Mulyani Indrawati.

Pada bidang perbankan, Mahendra juga pernah menempati posisi sebagai direktur utama pada Indonesia Eximbank. 

Ia juga pernah menjabat komisaris beberapa perusahaan yaitu PT Dirgantara Indonesia pada 2003–2008 dan PT Aneka Tambang pada 2008–2009, dan Komisaris Utama PT SMI 2020 hingga 2022. 

Sejumlah jabatan penting di pemerintahan juga pernah Mahendra cicipi. Tercatat dalam pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tepatnya pada November 2009 Bos OJK ini pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan mendampingi Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Baca Juga: Jokowi Beri Tugas Khusus Wamenlu Mahendra Siregar

Ia juga pernah menduduki kursi Wakil Menteri Keuangan pada 2011. Kala itu, Mahendra membantu Agus Martowardojo yang menduduki jabatan Menteri Keuangan.

Pada 2013-2014 Mahendra tercatat pernah menjabat sebagai epala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), hingga teranyar Wakil Menteri Luar Negeri sejak 2019.

Mahendra juga memiliki jejak karir sebagai Duta Besar. Di mana pada 1998-2001 ia terpilih menjadi Duta Besar Indonesia di Washington D.C.

Kini, Mahendra telah menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK setelah sebelumnya menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi XI DPR pada April 2022 lalu.

Seiring terpilihnya menjadi Ketua Dewan Komisioner OJK, Mehendra kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Komisaris Utama PT Sarana Multi Infrastruktur atau SMI (Persero).

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengungkapkan pihaknya menerima surat pengunduran diri Mahendra pada Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Terpilih Jadi Bos OJK, Mahendra Siregar Mundur dari Komisaris Utama SMI



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.