Kompas TV nasional berita utama

Hadi Tjahjanto, Pensiunan AU yang Disebut Bakal Jadi "Komandan" di Kementerian Agraria

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 11:13 WIB
hadi-tjahjanto-pensiunan-au-yang-disebut-bakal-jadi-komandan-di-kementerian-agraria
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Redaksi Kompas TV

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo santer dikabarkan menunjuk Mantan Panglima TNI Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024.

Menurut kabar, pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) akan dilakukan di Istana Negara pada siang ini pukul 13.30 WIB.

Setelah pensiun pada November 2021 lalu, nama Hadi Tjahjanto tidak tenggelam. Dia dipercaya menjadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022.

Saat dipercaya menjadi Komandan MotoGP, Hadi mengaku kaget. "Pertama adalah kaget. Kemudian yang kedua, senang. Kaget karena diberi tugas yang saya belum punya pengalaman sebagai komandan lapangan untuk mengkoordinir MotoGP." kata Hadi, kepada Tribunnews, Februari 2022 lalu.
 

Hadi bukanlah sosok baru dalam pemerintahan Jokowi. Di awal Jokowi memerintah, pada 2015, Hadi diangkat sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres), dari posisi sebelumnya  sebagai Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang yang baru dijabatnya dua bulan lalu sebelumnya.

Hadi Tjahjanto, adalah lulusan Akademi Angkatan Udara. Ia dilantik oleh Presiden kedua RI Soeharto sebagai perwira TNI AU berpangkat Letda, 20 September 1986.

Di awal karirnya sebagai prajurit Angkatan Udara, dia pernah memimpin pendidikan penerbang sebagai Komandan Flight Skadron Pendidikan 101 Pangkalan Udara Adi Soemarmo tahun 1997
 

Baca Juga: Jokowi akan Reshuffle Kabinet Hari Ini, Pukul 13.30 WIB di Istana Negara

Sebelumnya, dia  bertugas mengoperasikan pesawat angkut ringan untuk operasi dukungan udara di Skadron Udara 4, Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Dari banyak jabatan yang telah diembannya, karier Hadi semakin melesat saat Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia.

Seperti pernah menjadi Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh pada Juli 2015. Lalu, Hadi juga tercatat pernah ditugasi menjadi Sekretaris Militer Presiden dan pangkatnya naik menjadi Marsekal Muda.

Lalu pada November 2016, Hadi dilantik menjadi Irjen Kementerian Pertahanan. Tidak lama, Hadi kemudian terpilih menjadi Kepala Staf Angkatan Udara pada 18 Januari 2017 menggantikan Agus Supriatna.

Puncak karier Hadi sebagai TNI terjadi di penghujung 2017. Ia ditunjuk Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmatyo sebagai Panglima TNI.

Baca Juga: Jokowi Reshuffle Kabinet Sejak Periode Pertama di Hari Rabu Pahing, Ini Riwayatnya

Hadi yang disetujui oleh DPR untuk memimpin institusi TNI kemudian resmi dilantik 8 Desember 2017.

Namanya semakin terkenal di publik, karena Hadi adalah TNI kedua dari Angkatan Udara yang berhasil menjadi Panglima TNI setelah Marsekal Djoko Suyanto.

Kini, jabatan Panglima TNI sudah digantikan oleh Jenderal Andika Perkasa.

Sebagai informasi, Hadi besar dari keluar TNI Angkatan Udara. Ayahnya, berpangkat terakhir sersan mayor sementara ibunya, adalah penjual rujak cingur.

Hadi yang tercatat pernah menerima Bintang Yudha Dharma Utama pada 2018, dikenal memang sebagai sosok cerdas oleh teman-temannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.