Kompas TV regional peristiwa

Bola Piala Dunia 2022 Al Rihla Diproduksi di Madiun, Sudah Diekspor ke 5 Negara!

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 11:35 WIB
bola-piala-dunia-2022-al-rihla-diproduksi-di-madiun-sudah-diekspor-ke-5-negara
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memegang bola Piala Dunia 2022, Al Rihla, buatan PT Global Way Indonesia (GWI) di Madiun, Kamis (16/6/2022). (Sumber: Kompas TV, Humas Jatim)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

MADIUN, KOMPAS.TV - Bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar rupanya diproduksi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Bola ciptaan Adidas yang diberi nama Al Rihla itu dibuat oleh PT Global Way Indonesia (GWI).

Al Rihla merupakan bola ke-14 untuk Piala Dunia yang diklaim sebagai bola tercepat saat berada di udara. 

Adidas mempercayakan pembuatan Al Rihla kepada pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Pilangkenceng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun itu.

PT GWI resmi mengekspor 50.000 bola Al Rihla ke lima negara, yakni Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brasil.

Baca Juga: Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar Diluncurkan

Pengiriman 50.000 bola Al Rihla ke lima negara tersebut ditandai dengan pemecahan kendi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, dan General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo pada Kamis (16/6/2022).

"Alhamdulillah hari ini kita bersama melepas ekspor bola ke lima negara. Kelima negara tersebut kualitas sepak bolanya diakui dunia. Kita semua bahagia dan bangga bahwa dari Bumi Kampung Pesilat Kabupaten Madiun menghadirkan produksi bola kualitas piala dunia dan siap dilepas ekspor,” ujar Khofifah melalui keterangan pers yang diterima KOMPAS TV, Jumat (17/6/2022).

Sementara itu, kapasitas produksi pabrik PT GWI mencapai satu juta bola dalam setahun.

Khofifah juga berharap capaian tersebut bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di seluruh Jawa Timur.

"Produksi PT GWI seratus persen ekspor. Mudah-mudahan bisa menjadi bagian dari pengungkit perumbuhan ekonomi di Madiun serta Jawa Timur," imbuhnya.

Jeftha mengatakan bahwa PT GWI memproduksi berbagai macam aksesoris olahraga termasuk bola.

Di sisi lain, Ahmad Dawami justru mengakui dirinya baru mengetahui bahwa PT GWI memproduksi bola untuk internasional dan memiliki pabrik berstandar internasional.


Al Rihla

Al Rihla yang dibuat melalui data dan pengujian lab milik Adidas, mempunyai dua fitur utama yang menjadi keunggulan. 

Pertama adalah CRT-CORE yang memberikan kecepatan, akurasi dan konsistensi untuk aksi cepat dan presisi, dengan bentuk dan retensi udara maksimal, serta akurasi pantulan. 

Sementara fitur kedua adalah SPEEDSHEEL yang mampu meningkatkan akurasi, stabilitas saat berada di udara, dan berbelok berkat tekstur makro dan mikro yang dipadu dengan debossing di permukaan bola. 

Franziska Löffelmann, Direktur Desain – Football Graphics & Hardwear adidas menjelaskan, Al Rihla dibuat untuk mengimbangi kecepatan permainan sepak bola yang semakin lebih cepat dari tahun ke tahun. 

Sementara itu, Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.