Kompas TV olahraga kompas sport

Yeremia Cedera di Indonesia Open 2022, PBSI Sebut Atlet Kaget dengan Jadwal Kejuaraan usai Pandemi

Kompas.tv - 18 Juni 2022, 22:28 WIB
yeremia-cedera-di-indonesia-open-2022-pbsi-sebut-atlet-kaget-dengan-jadwal-kejuaraan-usai-pandemi
Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky. (Sumber: bolasport.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PP Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) Rionny Mainaky menyampaikan evaluasi terkait penampilan para wakil tuan rumah di ajang Indonesia Open 2022.  

Salah satunya cedera yang dialami Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan pada laga perempat final ganda putra Indonesia Open 2022 melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Jumat (17/6/2022).

Sejauh ini, ia belum bisa berbicara banyak mengenai kejadian yang menimpa Yeremia.

"Kalau seperti itu yang cedera mungkin ada faktor latihannya kurang, mungkin kekuatan ototnya seperti apa, kami kawal mereka selama latihan, pemanasan, dan bertanding. Kami awasi Pram Yere juga ketika pemanasan. Di lapangan, pemanasan itu harus benar-benar fokus dan all out," kata Rionny dikutip dari Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga: Rekap Hasil Indonesia Open 2022: Duh, Merah Putih Tak Punya Wakil di Semifinal!

"Mungkin ada otot kelelahan, tetapi saya belum bisa cerna dan harus bicara dengan dokter. Saya jujur sedih melihat dia sedih dan minta maaf," lanjutnya.

Ia pun berbicara mengenai rencana federasi kepada Pramudya Kusumawardana ke depannya, mengingat akan ada jadwal turnamen padat di Malaysia dan Singapura.

"Ini masih harus didiskusikan jika cedera terlalu lama. Sekarang belum tahu Yere harus diapakan treatment-nya."

"Pram ini grade-nya sudah 10 ke atas. Itu yang kita takutkan ketika pemain top satunya cedera," lanjutnya.

Rionny mengaku, pertandingan beruntun selama beberapa bulan terakhir dari Swiss Open dan Korea Open hingga Indonesia Open memang merepotkan. Ia mengatakan, aspek fisik dan stamina para atlet akan jadi pembicaraan serius bagi pihaknya.  

Baca Juga: Yeremia Cedera Parah, Pramudya: Saya Tunggu Sampai Yere Sembuh, Semangat Partner!

Ia juga menyebut kondisi pandemi selama dua tahun terakhir mungkin menjadi salah satu faktor. Para pebulu tangkis bisa jadi kaget dengan rentetan kejuaraan yang kini dijadwalkan.

"Ke depannya, akan banyak turnamen yang akan diikuti untuk menambah tabungan poin masing-masing pemain yang tahun depan akan mengikuti kualifikasi Olimpiade," tambah Rionny.

Sebelumnya diketahui, tercatat, dari 20 wakil yang berlaga di East Ventures Indonesia Open 2022, hanya empat yang mampu melaju di babak delapan besar turnamen BWF level super 1000 itu.

Keempat pemain itu ialah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (ganda putra), Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri).

Baca Juga: Hasil Indonesia Open 2022: Menyerah 2 Gim Langsung, Fajar/Rian Akui Kalah Power dari Ganda China

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x