Kompas TV nasional aiman

Rahasia di Balik Reshuffle ala Jokowi

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 07:10 WIB
rahasia-di-balik-reshuffle-ala-jokowi
Aiman bersama Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan baru hasil reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Redaksi Kompas TV

Ada sejumlah pertanyaan terkait dengan langkah kuda Presiden Jokowi merombak kabinetnya. Ada sejumlah fakta yang menarik untuk dicermati. Selain Ibu Kota Negara (IKN), ada Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dituju?

Reshuffle & Pilpres 2024

Pelantikan lima menteri dan wakil menteri pada Rabu lalu, menarik untuk dicermati. Konon ada rahasia yang terkandung di dalamnya.

Jika soal Ibu Kota Negara telah dibuka pernyataannya oleh Presiden Jokowi, maka ada satu hal yang belum diungkapkan, Pilpres 2024, benarkah?

Awal mula dari pelaksanaan reshuffle kabinet kali ini adalah latar belakang ekonomi yang hendak dituju.

“Ini untuk membuat kabinet bekerja lebih lincah,” kata Pramono Anung saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (15/6/2022).

Ia mengatakan, permasalahan yang mengemuka saat ini tidak hanya semata-mata terkait Kemendag.

“Persoalan pangan dan inflasi juga menjadi persoalan di kita. Maka refreshing diperlukan,” tutur Pramono.

Meski demikian muncul pertanyaan, mengapa hanya ada satu menteri bidang ekonomi yang diganti? Hanya Menteri Perdagangan.

Sementara pada kesempatan lainnya, penunjukan Menteri Agraria & Tata Ruang kepala Badan Pertanahan Nasional dan wakilnya juga diganti, yakni Hadi Tjahjanto mantan Panglima TNI dan Raja Juli Antoni, pimpinan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kepada kedua pejabatnya, Presiden meminta agar persoalan reforma agraria termasuk permasalahan lahan di Ibu Kota Negara bisa selesai dengan baik.

"Tugas saya yang pertama adalah menyelesaikan sertifikat milik rakyat yang sampai saat ini sudah terealisasi sebanyak 81 juta (bidang). Kedua adalah masalah tumpang tindih lahan," kata Menteri Hadi Tjahjanto dikutip dari Antara, Kamis (16/6/2022).

"Yang ketiga adalah terkait dengan tanah di IKN yang sudah disampaikan tadi, itu agak segera kita selesaikan," tambah Hadi Tjahjanto.

Lalu apa kaitan adanya Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, masuk ke dalam kabinet?

Reshuffle untuk Siapa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.