Kompas TV nasional agama

Bangga! WNI Juara Hafalan Al-Qur an di AS, Bikin Penonton Terharu dengan Keindahan Suaranya

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 15:42 WIB
bangga-wni-juara-hafalan-al-qur-an-di-as-bikin-penonton-terharu-dengan-keindahan-suaranya
Dua penghafal Al-Qur'an asal Indonesia yang menang lomba Hafalan di Amerika Serikat (AS). Dua orang itu yakni Jihan Afifah (kanan) juara 2 lomba hafalan 30 juz, dan Khairurrazaq Al-Hafiz (kiri), peserta dengan suara terbaik. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

MARYLAND, KOMPAS.TV –  Dua orang penghafal Al-Qur'an asal Indonesia berhasil menyabet juara lomba hafalan Al Quran 30 juz di Amerika Serikat (AS). Bahkan, salah satunya, didaulat jadi peserta terbaik dan bikin suasana terharu.

Lomba Al-Qur'an itu bertajuk The American International Tibyan Competition for The Quran and Its Recitation atau ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Internasional dan diselenggarakan di Maryland, AS.

Dua WNI itu adalah adalah Jihan Afifah, yang menyabet juara 2 dalam lomba hafalan 30 juz, dan Khairurrazaq Al-Hafiz, yang dipilih juri sebagai Peserta Suara Terbaik.

"Kami sangat senang wakil Indonesia meraih juara di ajang internasional ini. Saya sangat bangga," kata Diaspora Indonesia di KBRI Washington DC Amerika Serikat, Indra Selasa dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa (21/6/2022).

Indra pun sempat melompat kegirangan ketika mendengar nama sosok Indonesia memenangkan lomba bergengsi itu.

Bahkan, Khairurazzaq sempat didaulat tampil memperdengarkan suaranya yang indah di acara penutupan di MTQ Internasional di AS pada 19 Juni 2022 waktu setempat.

Salah seorang juri, Syeikh Hasan, pada kesempatan itu mengumumkan Khairurrazaq sebagai peserta dengan suara terbaik.

Lantas, ia pun memanggil ke panggung untuk melantunkan hafalannya di puncak acara.

Para penonton yang mendengarkannya ikut larut dalam suasana saat Khairurrazaq mendaras lantunan ayat-ayat suci Al Quran dengan suara indah. 

Baca Juga: Kisah Inspiratif Rifdah Farnidah, Perempuan Indonesia Juara Hafalan Al-Qur’an 30 Juz Tingkat Dunia

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin yang memberikan sambutan di acara penutupan, mengatakan bahwa Indonesia patut berbangga karena wakil-wakilnya mengharumkan nama negara di pentas MTQ berkelas dunia ini.

"Selamat dan terima kasih untuk kalian berdua," ucapnya.

Dalam ajang tersebut, Jihan harus puas di posisi kedua, meski selisih poinnya sangat kecil dari juara pertama hafizah dari Mesir.

Di kategori putra, juara pertama diraih hafiz dari tuan rumah AS.

Ajang MTQ berskala internasional itu berlangsung di Diyanet Center of America di Maryland, diikuti 22 negara, di antaranya dari Palestina, Libya, Australia, Inggris, Tunisia, Libanon, Norwegia, Prancis, Kenya, Afghanistan, dan lainnya.

 



Sumber : Kompas TV/Kemenag


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.