Kompas TV nasional politik

Tinggal Tunggu Waktu Peresmian, Gerindra dan PKB Sepakat Bangun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 15:06 WIB
tinggal-tunggu-waktu-peresmian-gerindra-dan-pkb-sepakat-bangun-koalisi-kebangkitan-indonesia-raya
Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk membangun koalisi di Pemilu 2024.

Kesepakatan ini setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar diundang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman Prabowo jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022).

Waketum PKB Jazilul Fawaid menjelaskan kerja sama yang dibangun PKB bersama Gerindra akan dinamakan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Baca Juga: PKS Buka Suara soal Koalisi dan Kemungkinan Gabung Gerindra-PKB

Menurut Jazilu, dalam waktu dekat PKB dan Gerindra secara resmi akan mengumumkan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. 

"PKB dan Gerindra sepakat kerja sama. Tinggal nunggu peresmian koalisi dan pasangan calon presiden dan wapresnya," ujar Jazilul, Selasa (21/6/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Adapun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya ini dinilai akan menambah kandidat pasangan capres dan cawapres di Pemilu 2024 mendatanga.

Keduanya memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold. Dalam UU Pemilu presidential threshold ditetapkan sebesar 20 persen dari jumlah kursi DPR atau 25 persen dari suara sah nasional.

Baca Juga: Elite Nasdem Temui Anies Baswedan di Rumah Dinas Gubernur Jakarta

Dalam Pemilu 2019, Partai Gerindra mendapat 12,57 persen suara, sedangkan PKB memperoleh 9,69 suara. 

Adapun pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar yang berlangsung lebih kurang dua jam itu menghasilkan kesepakatan antara Gerindra dan PKB untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Alhamdulillah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan," ujar Prabowo di kediamannya Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan usai menerima kunjungan Muhaimin, Sabtu.

Baca Juga: Berkoalisi dengan Gerindra, PKB Sebut Cak Imin Bersedia Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Setelah Prabowo menyatakan hal tersebut, Muhaimin yang akrab disapa Cak Imin itu mengatakan bahwa antara PKB-Gerindra dapat menyatu dalam dua tagline partai yang berbeda yaitu Kebangkitan dan Indonesia Raya.

Berseloroh, Muhaimin pun menyatakan pertemuan itu bertujuan "Demi Kebangkitan Indonesia Raya". Pernyataan itu pun disambut tepuk tangan jajaran PKB dan Gerindra.

Koalisis Gerindra-PKB nantinya akan bersaing dengan Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas Partai Golkar, PPP dan PAN di Pemilu 2024.

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x