Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Jokowi Akan Temui Putin dan Zelenskyy, Upayakan Tangani Krisis Pangan akibat Perang

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 12:29 WIB
jokowi-akan-temui-putin-dan-zelenskyy-upayakan-tangani-krisis-pangan-akibat-perang
Presiden Jokowi akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir Juni 2022. (Sumber: Tangkapan layar konferensi pers Kemenlu RI)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jokowi dipastikan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada akhir bulan ini. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam konferensi pers pada Rabu (22/6/2022).

"Presiden Jokowi direncanakan mengunjungi Kyiv, Ukraina, dan Moskow, Rusia," kata Retno.

Ia menjelaskan kendati situasinya sulit dan kompleks, sebagai Presiden G20 Jokowi memilih untuk berkontribusi.

"Kunjungan ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan akibat perang yang dampaknya dirasakan semua negara, terutama negara berkembang dan berpenghasilan rendah," kata Retno.

Adapun Menlu RI juga menyebut Jokowi adalah pemimpin Asia pertama yang berkunjung ke kedua negara berkonflik itu.

Baca Juga: Ukraina Timur jadi Lautan Api, Rusia Kian Dominan

Sebelumnya kantor berita Rusia, TASS, menyebut Presiden Vladimir Putin akan bertemu Jokowi di Moskow pada 30 Juni 2022.

“Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Kami tengah mempersiapkannya saat ini,” kata narasumber yang tak disebut namanya oleh TASS.


Narasumber itu juga menerangkan bahwa Putin akan menghadiri presidensi G20 di Bali pada November mendatang selepas mendapat undangan dari Indonesia.

Akan tetapi, Amerika Serikat (AS) dikabarkan keberatan apabila Vladimir Putin tetap diundang, megingat invasi negaranya ke Ukraina. Menteri Keuangan AS Janet Yellen bahkan mengancam akan memboikot KTT G20 jika Indonesia bersikeras mengundang Putin.

Terlepas dari itu, sebelum kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Jokowi akan menghadiri undangan KTT G7 di Jerman pada 26 hingga 27 Juni 2022.

Sementara usai kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Jokowi diagendakan melawat ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, untuk menindaklanjuti kerjasama bidang ekonomi dengan negara di Timur Tengah itu.

Baca Juga: Ketika Perang di Suriah Mereda, Para Remaja Belajar Melupakannya dengan Berdansa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x