Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penularan PMK, Peternak di Gunung Pati Berlakukan Lockdown

Jumat, 24 Juni 2022 | 12:27 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk penyembuhan dan pencegahan agar sapi lainnya tidak tertular penyakit mulut dan kuku atau PMK, peternak di Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang melakukan isolasi kepada sapi yang terkena PMK di kandang tersendiri dan menutup area tersebut atau lockdown. Sebelumnya, ada 67 sapi peternak Desa Mangunsari, Gunung Pati yang tertular PMK. Sebagian sapi ada yang sembuh, namun juga beberapa sapi sudah mati. Untuk saat ini, sapi yang tertular PMK masih dalam pengawasan dinas peternakan untuk proses penyembuhan.

"Yang pertama kan sudah mati banyak, pertamanya nggak tau kalau penyakit itu. Belakangan ini yang saya hitung sudah tujuh, kalau yang bulan-bulan kemarin ya banyak," kata Joni Sutrisno, peternak sapi.

Sementara itu, Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al Jufri berjanji, akan menurunkan kader PKS untuk membantu peternak. Hal itu disampaikan saat hadir dalam Rembug Tani Ternak bersama peternak Mekar Sari Gunung Pati, 

Salim berharap pemerintah cepat tanggap menangani kasus PMK, dengan memberi memberi bantuan kepada peternak dan segera melakukan vaksin untuk mencegah PMK.

#pmk #gunungpati #pks


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x