Kompas TV nasional agama

Palembang Canangkan Lagi Gerakan Salat Subuh Berjamaah Mulai 3 Juli 2022

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:29 WIB
palembang-canangkan-lagi-gerakan-salat-subuh-berjamaah-mulai-3-juli-2022
Ilustrasi. Masjid Agung Palembang. Pemerintah Kota Palembang kembali mencanangkan salat subuh berjamaah. (Sumber: Shuttersoch/Frans Delian via Kompas.comI)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wali Kota Palembang Harnojoyo merencakan akan mencanangkan lagi gerakan salat subuh berjamaah di wilayahnya mulai 3 Juli 2022.

Gerakan salat subuh berjamaah ini, menurutnya, diperuntukkan bagi warga muslim di 107 kelurahan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Alasannya, guna menghidupkan kembali kegiatan silaturahmi yang dalam dua tahun terakhir tidak selalu bisa dilakukan secara tatap muka akibat pandemi COVID-19.

Ia juga menjelaskan, pemerintah kota melaksanakan kembali gerakan salat subuh berjamaah dengan pertimbangan penularan virus corona sudah reda dan cakupan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap sudah 70 persen lebih.

Di samping itu, ia melanjutkan, Kementerian Dalam Negeri sudah memasukkan Palembang ke zona Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 sejak 7 Juni 2022.

"Jadi, atas kondisi tersebut ada sedikit kelonggaran bagi masyarakat beraktivitas, sehingga saya berharap program subuh berjamaah bisa diefektifkan kembali," katanya, Sabtu (25/6/2022), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Viral, Imam Masjid di Pekanbaru Ditampar Saat Pimpin Salat Subuh Berjamaah

Gerakan Sedekah ASN

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang Reza Pahlevi mengatakan bahwa gerakan salat subuh berjamaah akan dibarengi dengan gerakan sedekah.

Gerakan ini akan dilakukan oleh para aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Kota Palembang.

Reza juga mengatakan bahwa uang sedekah Rp2 ribu per orang yang dikumpulkan dari aparatur sipil negara setiap dua pekan, akan digunakan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.

Bantuan itu berupa bahan pangan pokok kepada warga kurang mampu di sekitar masjid.

"Dalam sedekah subuh itu, kepada setiap satu masjid di 107 kelurahan akan diberikan sembako bagi 10 orang di sekitar masjid yang pendapatannya rendah," kata Reza.


Sumber : ANTARA

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Harga Mie Kering Mulai Naik

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:45 WIB
Berita Daerah

Fashion Show Dengan Barang Bekas

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:41 WIB
Berita Daerah

Kebaran Hanguskan Satu Rumah

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:27 WIB
Close Ads x