Kompas TV regional berita daerah

Lampung Terima 37 Ribu Dosis Vaksin PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 14:45 WIB

Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Sebanyak 37 ribu dosis vaksin disalurkan ke Provinsi Lampung oleh Kementerian Pertanian guna mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Vaksinasi PMK perdana ini pun dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dengan digelarnya apel siaga.

Wakil gubernur yang disapa Nunik ini mengatakan sebanyak 37 ribu dosis vaksin PMK yang diterima Provinsi Lampung merupakan jumlah terbesar untuk wilayah di Sumatera dan di luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Satu dari Dua Pencuri Motor Tewas Dihakimi Massa

Nantinya, penyuntikan vaksin PMK ini akan dilakukan terhitung sejak 25 Juni hingga 7 Juli mendatang yang melibatkan posko tanggap darurat di setiap kabupaten/kota.

“Hari ini kita apel perdana vaksinasi bagi hewan ternak untuk pencegahan penyakit mulut dan kuku. Hari ini sudah kita terima sebanyak 37 ribu dosis dari Kementerian Pertanian,” ujarnya.

Sebelumnya, hewan ternak yang terjangkit wabah PMK ditemukan di 5 kabupaten/kota, di antaranya Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Timur dan Kota Metro.

Kendati begitu, Pemerintah Provinsi Lampung mengimbau warga untuk tetap tenang lantaran wabah PMK tidak menular pada manusia.

Baca Juga: Cegah Penyebaran PMK, Ratusan Sapi Disuntik Vitamin

Selain itu, untuk mencegah penyebaran wabah, pemerintah juga telah membentuk  satuan tugas yang melibatkan TNI-polri yang akan melakukan penanganan dan pengawasan di setiap peternakan.

#wabahpmk #vaksinpmk #kesehatan


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x