Kompas TV olahraga kompas sport

Israel Lolos Piala Dunia U-20, Menpora: Sudah Dibahas dari Tahun 2019, Ini Olahraga Bukan Politik

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 19:54 WIB
israel-lolos-piala-dunia-u-20-menpora-sudah-dibahas-dari-tahun-2019-ini-olahraga-bukan-politik
Menpora Zainudin Amali. (Sumber: Kemenpora.go.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Lolosnya Timnas Israel ke final Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang menjadi sorotan berbagai pihak.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan, sudah ada jaminan bagi Israel untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia dan hal ini sudah dibahas sejak 2019 lalu.

"Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023 dipersilakan untuk bermain," ujar Amali dikutip dari Kompas.com, Senin (27/6/2022).

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan,” tuturnya.

Baca Juga: Ketum PSSI: Piala Dunia U-20 Jadi Momentum Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Sebelumnya diberitakan Sekjen PSSI Yunus Nusi menjelaskan, semua negara berhak bermain di Piala Dunia U-20 jika negara itu memang dipastikan bisa lolos.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah tahun lalu. Siapa pun yang lolos bisa datang," kata Yunus Nusi seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Senin (27/6/2022).

“Israel tetap kami akomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami di rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel," tambahnya.  


Diketahui Israel meraih tiket usai merampungkan pertandingan melawan Inggris pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala Eropa U-19 2022 di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Slovakia, Sabtu (25/6).

Dalam bentrok itu, Inggris menang 1-0.

Gol Inggris dicetak Liam Delap pada menit keenam. Dengan hasil ini, Inggris berada di puncak klasemen Grup A dengan sembilan poin.

Sementara Israel menempati urutan kedua dengan nilai empat poin hasil menang melawan atas Austria dan imbang melawan Serbia.

Baca Juga: PSSI Angkat Bicara Soal Kelolosan Timnas Israel ke Piala Dunia U-20 2023



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x