Kompas TV nasional peristiwa

Mahasiswa Demo RKUHP di Depan Gedung DPR Hari Ini, Polisi Terjunkan Pengamanan

Selasa, 28 Juni 2022 | 08:53 WIB
mahasiswa-demo-rkuhp-di-depan-gedung-dpr-hari-ini-polisi-terjunkan-pengamanan
Ilustrasi mahasiswa melakukan demo.  (Sumber: Kompas.com/Sonya Teresa )

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia akan menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR, Senayan, soal Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) hari ini, Selasa (28/6/2022).

Terkait hal ini, pihak kepolisian mengaku telah menyiapkan personel untuk mengawal jalannya demo lanjutan tersebut.

Meski demikian, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin belum membeberkan soal jumlah personel yang diterjunkan untuk pengamanan demo hari ini.

"Kita akan turunkan personel sesuai kebutuhan dan potensi kerawanan ya. Sementara kita masih buatkan rencana pemgamanan," kata Komarudin, Senin (27/8). 

Menurut penjelasannya, setidaknya ada 500-1.000 mahasiswa yang akan mengikuti demo di depan gedung DPR.

Adapun massa demo, lanjut Komarudin terdiri dari beberapa elemen gabungan yang akan menyampaikan tuntutannya terkait RKUHP.  

"Ada beberapa elemen gabungan tuntutannya terkait demo RKUHP. Besok ada dari BEM UI, UNJ, UKI, Fisip UI, termasuk blok politik pelajar," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Komarudin mengimbau agar peserta aksi mengantisipasi adanya penyusup saat demonstrasi. Polisi berharap mahasiswa melakukan unjuk rasa dengan tertib dan damai.

"Kami imbau bersama menjaga jangan sampai aspirasi yang diusung dikotori oleh ulah oknum dari kelompok-kelompok lain yang akan bergabung. Kami harap kerjasamanya untuk bersama-sama mengawasi karena yang tahu itu mereka-mereka juga siapa yang temennya atau bukan," jelasnya.

Baca Juga: BEM UI Soroti 2 Pasal di RKUHP, Demo Tanpa Pemberitahuan dan Hina Kekuasaan Bisa Dipidana

Sebelumnya, lewat akun Instagramnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) turut menyampaikan rencana aksi demo di Gedung DPR.

Untuk diketahui, pada 21 Juni 2022 kemarin tepat perayaan ulang tahun ke-61 Presiden Jok Widodo atau Jokwi, para mahasiswa juga telah berunjuk rasa menyampaikan pernyataan sikap soal RKUHP di depan kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Namun, hingga kini mereka menganggap, Presiden Jokowi maupun para anggota DPR tidak ada yang menanggapi apa yang menjadi tuntutan mereka saat itu.

Sehingga, mereka kembali melakukan unjuk rasa tersebut. Adapun tuntutan demo terkait draf RKUHP yang tidak kunjung dibuka ke publik. 

"Sudah cukup penantian kita, kawan-kawan, untuk mendapat kejelasan berupa transparansi dan keadilan demokrasi dari “kitab kepentingan” RKUHP!" tulis akun Instagram BEM UI @bemui_official, Senin (27/6).

"Kami mengajak kawan-kawan untuk menguningkan jalanan Senayan pada Selasa, 28 Juni 2022 pukul: 11.00 WIB sampai dengan menang. Titik kumpul massa UI di Lapangan FISIP, lokasi aksi di Depan Gedung DPR RI Senayan".

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BEM UI (@bemui_official)

Baca Juga: Draf RKUHP Terbaru Belum Diserahkan ke DPR RI, Wamenkumham: Masih Banyak Typo


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x