Kompas TV regional berita daerah

Cegah PMK dengan Terapkan Protokol Kesehatan Hewan Ternak

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:24 WIB

Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak membuat pelaku usaha peternakan sapi dan kambing di Lampung was-was.

Untuk itu, penting melakukan pencegahan virus PMK, seperti menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat pada setiap hewan ternak.

Lalu, rutin mengecek kesehatan, menghindari terik panas dan hujan, memberi asupan makanan dan vitamin yang cukup, serta menjaga kebersihan hewan maupun kandang.

Baca Juga: Lampung Terima 37 Ribu Dosis Vaksin PMK

Hal inilah yang diterapkan rutin oleh Kholid D Suseno kholid di kawasan Jalan Purnawirawan, Gunung Terang, Langkapura, Bandar Lampung.

Kholid yang dibantu beberapa orang karyawannya ini rutin mengecek kesehatan dan menjaga kebersihan kandang ternak. Hal itulah yang membuat hewan ternak miliknya tetap dalam kondisi sehat.

“Kami dapatkan dari dinas pertanian dan perternakan, bagaimana adanya protokol kesehatan hewan yang diterapkan untuk pencegahan (PMK). Bio security-nya, menjaga kesehatan (hewan ternak),” ujarnya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran PMK, Ratusan Sapi Disuntik Vitamin

Selain menerapkan prokes yang ketat pada setiap hewan ternak, Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menyalurkan dosis vaksin PMK untuk hewan ternak di 15 kabupaten/kota, serta hewan yang masuk ke Lampung akan diawasi secara ketat oleh pemerintah.

#wabahpmk #kesehatan #vaksinpmk


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x