Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Ramuan Herbal Bisa Sembuhkan Penyakit Mulut Dan Kuku - NEWS OR HAOX

Kompas.tv - 28 Juni 2022, 18:46 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar informasi bahwa ramuan tradisional layaknya jamu atau empon-empon, diyakini dapat menyembuhkan sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku, PMK.

Namun, berdasarkan penelusuran, Dosen Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada Slamet Raharjo menjelaskan, jamu tradisional atau empon-empon bukan obat untuk mematikan virus pada sapi yang terkena PMK.

Pemberian jamu tradisonal atau empon-empon manfaatnya untuk meningkatkan imunitas sapi yang sedang terkena PMK. Sebab, dalam tanaman untuk pembuatan jamu tradisional atau empon-empon terdapat kandungan curcumin. Curcumin dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Slamet Raharjo menjelaskan, virus dalam PMK pada ternak cepat menular dan menyebabkan hewan sakit. Namun tingkat kematiannya rendah, sehingga jamu tradisional atau empon-empon memberikan manfaat tinggi untuk meningkatkan imunitas. Jika imunitas sapi yang terkena PMK naik, secara bertahap, tubuh akan mengeliminasi atau mengeluarkan virus sehingga akhirnya sembuh.

Jadi, informasi bahwa ramuan tradisional seperti jamu atau empon-empon, diyakini dapat menyembuhkan sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku, PMK, adalah kurang tepat atau disinformasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x