Kompas TV nasional peristiwa

Ramai-Ramai Tutup Holywings, Outletnya Tersebar di Sejumlah Kota di Indonesia

Kompas.tv - 28 Juni 2022, 20:02 WIB
ramai-ramai-tutup-holywings-outletnya-tersebar-di-sejumlah-kota-di-indonesia
Ilustrasi. Holywings Kemang ditutup dan dipasangi garis kuning Saptol PP DKI Jakarta, Sabtu (28/3/2021). (Sumber: Dok. Satpol PP DKI Jakarta/Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Promosi minuman beralkohol gratis untuk pemilik nama Muhammad dan Maria yang dilakukan manajemen Holywings Indonesia berbuntut penutupan restoran tersebut di sejumlah kota.

Alasan penutupan bermacam-macam, mulai soal perizinan tempat usaha hingga dugaan promosi bernada SARA.

Sebelumnya, Holywings menjadi bahan pembicaraan usai membuat promosi minuman keras (miras) gratis bagi pemilik nama Muhammad dan Maria.

Kepolisian lantas menyelidiki promosi tersebut karena diduga ada unsur penistaan agama di dalamnya.

Desakan dari sejumlah organisasi masyarakat kemudian muncul agar pemerintah setempat mengambil langkah tegas. 

Pada hari ini, Selasa (28/6/2022), Satpol PP DKI Jakarta menyegel sebanyak 12 gerai Holywings di wilayah Jakarta.

Tindakan tersebut merupakan sanksi karena berdasarkan temuan, Holywings disebut belum memiliki perizinan yang sesuai dengan ketentuan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: GP Ansor Minta Pemkot Tutup Holywings di Bandung, Meniru Anies Baswedan di Jakarta


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Benny Agus Chandra mengatakan, penutupan ini berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (DPPKUKM) DKI Jakarta.

"Sesuai arahan gubernur untuk bertindak tegas, sesuai ketentuan dan menjerakan, serta mendasarkan pada rekomendasi dan temuan dua OPD Pemprov DKI Jakarta, maka kami selaku Dinas PMPTSP mencabut izin usaha 12 outlet Holywings di Jakarta sesuai ketentuan yang berlaku," jelasnya dikutip dari Kompas.com, Selasa.

Wali Kota Surabaya Tutup Holywings

Penutupan Holywings juga terjadi di Surabaya. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memerintahkan seluruh gerai Holywings di wilayah itu ditutup. 

Alasan penutupan yakni tindak lanjut kasus dugaan SARA yang dilakukan Holywings soal promosi miras gratis untuk pelanggan bernama Muhammad dan Maria. Penutupan berdampak pada 3 outlet Holywings di Surabaya.

"Soal Holywings sudah kami rapatkan. Kami sampaikan untuk ditutup dulu sampai kasusnya ditindaklanjuti," kata Eri, Selasa.

Baca Juga: Tak Hanya di Jakarta, Semua Outlet Holywings di Surabaya Juga Ditutup, tapi Sementara



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x