Kompas TV internasional kompas dunia

Tragis, PBB Sebut Lebih 300.000 Warga Sipil Tewas dalam Konflik Suriah

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 02:15 WIB
tragis-pbb-sebut-lebih-300-000-warga-sipil-tewas-dalam-konflik-suriah
Seorang pria menangis di atas mayat putranya di dekat rumah sakit Dar El Shifa di Aleppo, Suriah, 3 Oktober 2012. PBB mengatakan 10 tahun pertama konflik Suriah, yang dimulai pada 2011, menewaskan lebih dari 300.000 warga sipil. (Sumber: AP Photo/Manu Brabo, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JENEWA, KOMPAS.TV — PBB menyebut konflik Suriah telah membunuh lebih dari 300.000 warga sipil pada sepuluh tahun pertama konflik Suriah yang dimulai pada 2011.

Melansir Associated Press, Selasa (28/6/2022), angka tersebut dipandang sebagai perkiraan resmi tertinggi hingga saat ini atas kematian warga sipil terkait konflik di negara itu.

Konflik dimulai dengan protes anti-pemerintah yang pecah pada Maret 2011 di berbagai bagian Suriah, menuntut reformasi demokrasi menyusul protes Musim Semi Arab di Mesir, Tunisia, Yaman, Libya dan Bahrain yang menyingkirkan beberapa pemimpin Arab yang telah berkuasa selama beberapa dekade.

Namun, peristiwa itu dengan cepat berubah menjadi perang saudara besar-besaran yang menewaskan ratusan ribu orang dan menghancurkan sebagian besar negara.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Kantor Hak Asasi Manusia PBB itu, sebanyak 306.887 warga sipil diperkirakan tewas di Suriah antara 1 Maret 2011 dan 31 Maret 2021 karena konflik tersebut.

Angka-angka yang dirilis oleh PBB tidak termasuk tentara dan pemberontak yang tewas dalam konflik; jumlah mereka diyakini mencapai puluhan ribu.

Jumlah tersebut juga tidak termasuk orang yang dibunuh dan dikuburkan oleh keluarga mereka tanpa memberitahu pihak berwenang.

Baca Juga: Ketika Foto Bicara Derita Perang di Dunia: dari Vietnam, Suriah, Palestina, hingga Ukraina

Warga berjalan di wilayah Salaheddine yang pernah dikuasai pemberontak di Aleppo timur, Suriah, 2017. PBB mengatakan 10 tahun pertama konflik Suriah, yang dimulai 2011 menewaskan lebih dari 300.000 warga sipil. (Sumber: AP Photo/Hassan Ammar, File)

“Ini adalah orang-orang yang tewas sebagai akibat langsung dari operasi perang. Ini tidak termasuk lebih banyak lagi warga sipil yang tewas karena hilangnya akses ke perawatan kesehatan, makanan, air bersih, dan hak asasi manusia penting lainnya,” kata U.N. Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet.

Laporan tersebut, yang diamanatkan oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB, mengutip 143.350 kematian warga sipil yang didokumentasikan secara individual oleh berbagai sumber dengan informasi terperinci, termasuk setidaknya nama lengkap, tanggal, dan lokasi kematian mereka.

Juga, teknik estimasi statistik digunakan untuk menghubungkan titik-titik di mana ada elemen informasi yang hilang. Dengan menggunakan teknik ini, 163.537 kematian warga sipil diperkirakan telah terjadi.

"Angka korban terkait konflik dalam laporan ini bukan sekadar kumpulan angka abstrak, tetapi mewakili individu manusia," kata Bachelet.

Dia menambahkan pekerjaan organisasi masyarakat sipil dan PBB dalam memantau dan mendokumentasikan kematian terkait konflik adalah kunci dalam membantu keluarga dan masyarakat menegakkan kebenaran, mencari pertanggungjawaban, dan mengupayakan pemulihan yang efektif.

Perkiraan 306.887 berarti rata-rata, setiap hari selama 10 tahun terakhir, 83 warga sipil mati terbunuh akibat kekerasan dalam konflik, kata laporan itu.

Itu didasarkan pada delapan sumber informasi - termasuk Pusat Studi Hak Asasi Manusia Damaskus, Pusat Statistik dan Penelitian-Suriah, Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia dan Pusat Dokumentasi Pelanggaran.

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.