Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Agenda Jokowi di Ukraina, Temui Zelenskky dan Kirim Bantuan 5 Juta Dolar AS

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 06:40 WIB
agenda-jokowi-di-ukraina-temui-zelenskky-dan-kirim-bantuan-5-juta-dolar-as
Presiden Jokowi dan rombongan saat hendak bertolak ke Ukraina dari Polandia, Selasa (28/6/2022) waktu setempat (Sumber: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam lawatannya ke Ukraina, agenda utama Presiden Jokowi adalah menemui Presiden Velodymir Zelenskky di Istana Marinsky, Kyiv.

Dilansir dari Harian Kompas, Rabu (29/6/2022), Istana Marinsky merupakan kantor kepresidenan Ukraina, terletak tak sampai 2 Kilometer dari alun-alun kemerdekaan atau Maidan Plaza.

Agenda lain di Ukraina meliputi penyerahan bantuan kemanusiaan untuk Ukraina. 

Sejumlah sumber kementerian Kesehatan Ukranian membenarkan, Indonesia akan beri bantuan senilai 5 juta dollar AS.

Presiden juga dijadwalkan meninjau beberapa lokasi di Ukraina. Kedutaaan besar RI di Kyiv terus mematangkan agenda lawatan dengan istana Mariinsky.

Rencananya, Presiden Jokowi dijadwalkan melawat ke rumah sakit dan klinik yang menerima bantuan dari Indonesia.

Sejak beberapa hari lalu, di Kyiv dan sejumlah lokasi lain yang direncanakan disambangi Presiden, terlihat ada Paspampres RI da protokoler istana. Anggota bada keamanan nasional Ukraina juga terlihat mendampingi mereka.

Durasi lawan Presiden Jokowi kurang lebih sama dengan durasi kunjungan pemimpin empat neagara Eropa pada 17 Jun 2022. Mereka datang dan pulang dengan kereta rangkaian khusus, bukan kereta penumpang umum.

Baca Juga: Misi Perdamaiana Jokowi di Kyiv Dimulai, Bertolak dari Stasiun Przemysl Glowny Polandia

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Pilih Naik Kereta Api 12 Jam ke Kiev Ukraina dari Polandia

Perjalanan Presiden Jokowi Naik Kereta

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kyiv di Ukraina tepat pada pukul 21.15 waktu setempat, Selasa, 28 Juni 2022.

Terlihat, Preside Jokowi dan rombongan berjalan dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, kereta yang membawa mereka ke Ukraina.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Kyiev, ibu kota Ukraina keesokan harinya, Rabu waktu setempat.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri," kata Retno.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x