Kompas TV nasional peristiwa

Sri Sultan Hamengku Buwono X Terima Anugerah Bintang Tanda Jasa Jepang, Ternyata karena Ini

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 07:48 WIB
sri-sultan-hamengku-buwono-x-terima-anugerah-bintang-tanda-jasa-jepang-ternyata-karena-ini
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima anugerah Bintang Tanda Jasa Jepang The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari pemerintah Jepang. (Sumber: Kedutaan Besar Jepang)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima anugerah Bintang Tanda Jasa Jepang The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari pemerintah Jepang.

Keterangan itu disampaikan oleh Information and Culture Section Kedutaan Jepang di Indonesia, Mamiko Setyawaty secara tertulis kepada KOMPAS TV.

“Pada tanggal 28 Juni 2022, telah diadakan Upacara Penganugerahan Bintang Tanda Jasa Jepang "The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star" kepada Y.M. Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, di kediaman Duta Besar Jepang, Bapak Kanasugi Kenji,” kata Setyawaty, Rabu (29/6/2022).

“Acara ini dihadiri oleh keluarga Keraton Yogyakarta dan para undangan.”

Baca Juga: Mengenang Serangan Umum 1 Maret 1949: Soeharto, Sudirman, dan Hamengkubuwono IX

Dalam pidato sambutannya, kata Setyawaty, Duta Besar Kanasugi menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X atas kontribusi beliau.

Menurut Kanasugi, Sri Sultan Hamengku Buwono X pernah menyambut baik kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko pada tahun 1991.

Maupun, kunjungan Pangeran Akishino dan Putri Kiko pada tahun 2008 dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia / Tahun Persahabatan, dengan memperkenalkan budaya tradisi Jawa atau juga dengan mengadakan acara jamuan makan malam.

“Sehingga mendorong pertukaran antara Jepang dan Indonesia,” ucap Setyawaty.

Baca Juga: Tokyo Panas Membara, Jepang Catat Rekor Suhu Tertinggi

Tidak hanya itu, Sri Sultan Hamengku Buwono X juga mendorong terwujudnya pertukaran antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto, Prefektur Yamanashi dan daerah lainnya di Jepang.

“Duta Besar Kanasugi menyampaikan rasa terima kasih juga atas kontribusi beliau dalam mempromosikan kerja sama antara kedua negara di bidang olahraga, pencegahan bencana atau tanggap bencana,” kata Setyawaty.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan merasa terhormat atas penganugerahan ini dan menyampaikan harapan agar kerja sama dan persahabatan antara Yogyakarta dengan masyarakat Jepang semakin meningkat ke depannya.

Baca Juga: Sore Ini Jepang Terancam Krisis Listrik di Tengah Gelombang Panas

Sebagai informasi, Sri Sultan Hamengku Buwono X pernah menyambut dengan penuh dengan kehangatan kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko pada tahun 1991 maupun kunjungan Pangeran Akishino (Akishino-no-miya) dan Putri Kiko pada tahun 2008 dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia/tahun persahabatan.

Sehingga berkontribusi bagi kesuksesan kedua kunjungan tersebut dan peningkatan hubungan kedua negara.

Selain itu, Sri Sultan Hamengku Buwono X dinilai memberikan kontribusi bagi pengembangan hubungan persahabatan kedua negara melalui pertukaran daerah antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto, Prefektur Yamanashi dan daerah lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x