Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Momen Presiden Jokowi Tiba di Istana Maryinsky, Langsung Disambut Volodymyr Zelenskyy

Rabu, 29 Juni 2022 | 22:10 WIB
momen-presiden-jokowi-tiba-di-istana-maryinsky-langsung-disambut-volodymyr-zelenskyy
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina, Rabu (29/6/2022) sore waktu setempat. (Sumber: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya tiba di Istana Maryinsky, tempat kediaman resmi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kiev, Rabu (29/6/2022) sore waktu setempat.

Menurut siaran pers Sekretariat Kabinet RI yang diterima KOMPAS.TV, Jokowi disambut langsung oleh Zelenskyy di pintu masuk Istana Maryinsky.

Jokowi dilaporkan tiba pada pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB. Pertemuan Jokowi-Zelenskyy berlangsung dua jam hingga pukul 17.00 waktu setempat atau 21.00 WIB.

Setelah disambut secara resmi oleh Zelenskyy, kedua pemimpin negara masuk ke Istana untuk melakukan foto bersama. Kemudian, Jokowi dan Zelenskyy bertemu secara tatap muka.

Baca Juga: Jokowi Temui Zelensky di Istana di Ukraina, Kenakan Kemeja dan Sneakers Kesayangan

Sebelum bertolak ke Ukraina, Jokowi sempat menyampaikan bahwa ia ingin mengajak Zelenskyy membuka ruang dialog untuk mengakhiri perang.

“Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena perang memang harus dihentikan, dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” kata Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (26/6) lalu sesaat sebelum bertolak untuk kunjungannya ke sejumlah negara Eropa.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada detail yang tersedia mengenai pembicaraan Jokowi-Zelenskyy.

Pertemuan Jokowi dan Zelenskyy sudah dipersiapkan lebih dulu oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Retno Marsudi mengaku bertemu lebih dulu dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Rabu (29/6) pagi waktu setempat.

"Tadi pagi saya telah bertemu juga dengan Menteri Luar Negeri Ukraina dan kita membahas persiapan terakhir sebelum kedua Presiden melakukan pertemuan bilateral pada siang hari ini," kata Retno.


Setelah bertemu Zelenskyy, Jokowi rencananya akan langsung kembali ke Polandia untuk bertolak ke Moskow, Rusia ganti menemui Presiden Rusia Vladimir Putin. 

“Dari Ukraina, saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” kata Jokowi.

Baca Juga: Terkuak! Ini yang Bakal Dibahas Jokowi-Putin di Rusia 30 Juni 2022 Besok


 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Penyebar Video Mesum Mengaku Iseng

Selasa, 16 Agustus 2022 | 01:17 WIB
Close Ads x