Kompas TV internasional kompas dunia

Jubir Presiden Rusia: Rusia akan Terus Jadi Bagian dari G20

Jumat, 1 Juli 2022 | 06:07 WIB
jubir-presiden-rusia-rusia-akan-terus-jadi-bagian-dari-g20
Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). (Sumber: The Associated Press.)

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

MOSKOW, KOMPAS.TV -  Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov mengkonfirmasi bahwa Rusia telah diundang ke KTT G20, Kamis (30/6/2022). Ia mengatakan Rusia akan terus menjadi bagian dari G20. 

“G20 adalah (pertermuan) format ekonomi dengan fokus utama pada ekonomi. Tidak mungkin berbicara tentang ekonomi tanpa Rusia,” kata Peskov kepada wartawan setelah jumpa pers bersama yang diadakan oleh Presiden Vladimir Putin dan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Jokowi Dukung Pangan Rusia dan Ukraina Kembali Masuk Rantai Pasok Dunia, Putin Jamin Keamanan Ekspor

Peskov juga mencatat bahwa "juga tidak mungkin untuk mengatakan bahwa negara-negara G7 tidak dapat menyelesaikan masalah ekonomi dunia sendirian".

"Mayoritas produk domestik bruto dunia diproduksi di luar (negara-negara) G7," tambah Peskov seperti dikutip dari The Associated Press.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Putin juga mengatakan bahwa diperlukan tindakan untuk mengatasi situasi pangan global yang terjadi saat ini. 

Baca Juga: Bertemu Jokowi di Moskow, Putin Tegaskan Indonesia Merupakan Mitra Utama Rusia Sejak Lama

Berbicara di Moskow pada pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo, Putin menyatakan keprihatinannya atas pengiriman gandum Ukraina. Putin kembali mengklaim Rusia tidak ikut campur dalam pengiriman gandum tersebut.

Dia menyalahkan militer Ukraina karena gagal menjinakkan pelabuhannya.

"Otoritas militer Ukraina mencurangi pendekatan ke pelabuhan mereka dengan ranjau. Tidak ada yang menghentikan mereka dari menjinakkan ranjau dan memimpin kapal yang membawa biji-bijian. Kami menjamin keselamatan mereka," ujarnya.
 


Sumber : The Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x