Kompas TV regional wisata

5 Pilihan Wisata Alam di Dataran Tinggi Dieng: Telaga Warna Hingga Kawah Candradimuka

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 11:58 WIB
5-pilihan-wisata-alam-di-dataran-tinggi-dieng-telaga-warna-hingga-kawah-candradimuka
Objek wisata Telaga Warna yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah ini berada di ketinggian 2000 Mdpl dan dikelilingi oleh bukit tinggi yang kian menambah pesonanya. (Sumber: Kompas TV / Andhika Rithma)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

BANJARNEGARA, KOMPAS.TV - Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Tengah karena keindahan alamnya.

Secara geografis, kawasan dataran tinggi Dieng sebenarnya terletak di enam wilayah administrasi, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal. 

Namun, kawasan wisata dataran tinggi Dieng yang banyak dikenal berada di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. 

Kawasan seluas 619,846 hektare ini dikelilingi gugusan gunung antara lain Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Prau, Gunung Rogojembangan serta Gunung Bismo.

Berikut beberapa tempat wisata alam favorit di Dataran Tinggi Dieng.

1. Telaga Warna

Danau yang dikenal sebagai telaga warna ini menjadi salah satu daya tarik wisata favorit di Dieng.

Salah satu keistimewaan Telaga Warna adalah airnya yang bisa berubah warna. Warna air di telaga ini kerap berubah-ubah, misalnya hijau, biru, kuning, atau kemerahan.

Hal itu disebabkan karena adanya kandungan belerang yang cukup tinggi pada telaga ini.

Jika ditempuh dari Kota Wonosobo, Telaga Warna berjarak sekitar 26 kilometer dari Kota Wonosobo dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam perjalanan.

2. Telaga Pengilon

Tepat di sebelah Telaga Warna, ada danau bernama Telaga Pengilon.

Untuk menuju destinasi ini, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Wonosobo, menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk menuju rest area Dieng.

Tidak seperti Telaga Warna, danau ini memiliki air yang jernih dan tidak mengandung belerang, sehingga warna airnya cenderung tetap dan tidak berubah-ubah.

Lokasi Telaga Warna dan Telaga Pengilon terletak di Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Baca Juga: Embun Es di Dataran Tinggi Dieng: Ancaman bagi Petani, Daya Tarik buat Wisatawan

3. Kawah Sikidang



Sumber : Kompas TV, berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x