Kompas TV nasional peristiwa

Dimakamkan di TMP Kalibata, Ini Bintang Jasa dan Gelar Kehormatan yang Dimiliki Tjahjo Kumolo

Jumat, 1 Juli 2022 | 18:30 WIB
dimakamkan-di-tmp-kalibata-ini-bintang-jasa-dan-gelar-kehormatan-yang-dimiliki-tjahjo-kumolo
Jenazah Tjahjo Kumolo telah masuk ke liang lahat di TMP Kalibata, Jumat (1/7/2022). Mendiang Tjahjo Kumolo diketahui mendapatkan sejumlah bintang jasa dan gelar kehormatan yang didapat semasa hidupnya.  (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo diketahui mendapatkan sejumlah bintang jasa dan gelar kehormatan yang didapat semasa hidupnya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022) siang dan langsung dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sore tadi.

Saat pemakaman tersebut dibacakan pula sejumlah bintang jasa dan gelar kehormatan yang dimiliki Tjahjo Kumolo semasa hidupnya. 

Di antaranya adalah Bintang Mahaputra Adi Pradana; Bintang Bhayangkara Utama; Bintang Kehormatan Rajawali; Bintang Kehormatan IPDN; Bintang Emas Polri; Gelar Adat Kerajaan Gowa; Gelar Adat Kesultanan Buton; Gelar Adat Suku Kabupaten Maybrat Papua. 

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Wapres: Beliau Selalu Memberi Buku untuk Laporannya, Rajin Sekali

Jenazah Tjahjo Kumolo masuk ke liang lahat sekitar pukul 17.35 WIB. 

Prosesi pemakaman terhadap salah satu politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dilakukan secara militer. Mensesneg Pratikno menjadi inspektur upacara pemakaman jenazah mantan Sekjen PDIP tersebut. 


Berdasarkan informasi yang dihimpun, liang lahat dari politikus PDIP itu sudah digali oleh petugas pemakaman TMP Kalibata sejak pukul 13.00 WIB. 

Baca Juga: Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di TMP Kalibata, Pemakaman Dilakukan Secara Militer

Total, ada 9 pekerja yang menggali kubur sebagai tempat peristirahatan terakhir Tjahjo. Jenazah Tjahjo akan dimakamkan di Blok Z TMP Kalibata.

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Tjahjo Kumolo mengembuskan nafas terakhir di RS Abdi Waluyo Jakarta, pukul 11.10 WIB, siang tadi setelah menjalani perawatan intensif beberapa pekan terakhir.

Putri kandung Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari mengatakan sang ayah sakit karena ada infeksi yang menyebar hingga ke paru-paru.

"Ada infeksi yang menyebar hingga ke paru-paru," kata Rahajeng, dilansir Tribunnews, Jumat (1/7).


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Penyebar Video Mesum Mengaku Iseng

Selasa, 16 Agustus 2022 | 01:17 WIB
Close Ads x