Kompas TV regional berita daerah

Wabah PMK Masih Membayangi, Pedagang Beri Asuransi Kematian Hewan Kurban

Minggu, 3 Juli 2022 | 07:00 WIB

Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Sebuah lapak yang menjual hewan kurban dadakan di Kota Malang memiliki cara unik dalam menjajakan hewan kurban. Pedagang memberikan asuransi kematian, bagi hewan kurban yang dibeli.

Lapak dadakan yang menjual kambing ini berada di kawasan Merjosari Kota Malang. Sejak beberapa hari lalu, pedagang mulai menjajakan kambing kurban. Di tempat ini, setiap hewan kurban yang dijual, dijamin dengan asuransi kematian. 

Kambing yang terjual dan mati sebelum diserahkan kepada pembeli ,akan mendapat ganti rugi kambing dengan harga dan ukuran sama. Program asuransi kematian bagi hewan kurban ini menurut pedagang sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun dengan kondisi wabah PMK yang menyerang hewan ternak saat ini, program asuransi kematian menjadi penting.

"Selama ini kambingnya sehat semua, tapi kalau nanti mati diganti sesuai ukuran" ujar Sodik, pedagang hewan kurban.

Sementara itu, Bambang salah satu pembeli mengaku dalam kondisi wabah PMK yang masih membayangi, selektif dalam memilih hewan kurban menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Selain itu, program asuransi kematian memberikan rasa aman bagi pembeli.

"Ya sebenarnya khawatir, tapi kita lihat kondisi hewan yang sehat" ucap Bambang.

Sementara itu harga kambing di lapak pedagang dijual dengan harga Rp 2,5 juta hingga Rp 7,5 juta per ekor.

#wabahpmk #hewankurban


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x